Artis senior Mieke Wijaya meninggal dunia, Selasa malam, 3 Mei 2022. Mieke meninggal di usia 82 tahun.

Nia Zulkarnaen mengatakan sang ibu akan dimakamkan siang ini di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir.

"Insya Allah di satu tempat dengan Papa, almarhum Dicky Zulkarnaen. Itu permintaan Papa yang ingin jadi satu dengan Mama," ujar Nia di rumah duka di Kawasan Ampera, Jakarta Selatan.

Sama dengan Mieke, sang suami, Dicky Zulkarnaen, juga merupakan artis senior. Dicky sangat melekat dengan perannya sebagai Si Pitung dan film Jagoan Betawi. Dicky meninggal jauh lebih dulu yakni pada 1995.

Mieke dan Dicky menikah pada tahun 1965. Dari hasil pernikahannya, dikeruniai empat orang anak yakni, Nia Zulkarnaen, Tirza Valentina Zulkarnaen, Barman Morgana Zulkarnaen, dan Ade Miskarana Zulkarnaen.

Nia menuturkan, sebelum meninggal, ibunya sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, karena diabetes dan kemudian diketahui mengidap kanker.

"Terus terang, kami semua anak-anak tidak tahu (penyakit Mieke). Karena Mama itu sakit pun diam saja, kita semua enggak tahu. Ibu yang luar biasa baik, tidak mau menyusahkan orang. Kami sudah melakukan yang terbaik," ujar Nia.

Mieke Wijaya dan Sang Suami Dicky Zulkarnaen semasa hidup

Istri aktor Ari Sihasale itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu ibunya, baik saat menjalani perawatan di rumah sakit, para dokter dan suster, hingga pihak yang membantu prosesi pemakaman.

Nia meminta doa dari seluruh pihak agar semua dosa-dosa ibunya semasa hidup diampuni Allah swt. "Semoga diampuni semua dosa-dosanya. Mudah-mudahan karya-karynya bisa dikenang selalu sebagai salah satu legenda perfilman Indonesia. Karena memang jiwanya, hatinya hanya untuk perfilman Indonesia," tuturnya (pantau)