Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Karawang bekerjasama dengan DPPKB dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Tempuran, selenggarakan seleksi duta gender dengan sasaran anak-anak SMP/SMA Sederejat, Jumat (10/6/2022). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas raihan Kecamatan Tempuran sebagai juara 1 duta gender tingkat Kabupaten Karawang tahun 2021.
Foto : Kegiatan Seleksi Duta Gender tingkat SMP, Mts, SMA dan SMK di Kecamatan Tempuran


"Tahun kemarin, Istri Pak Plt Camat atas nama Ibu Rokhmah Nia Hayati menjadi juara Duta Gender Karawang, nah tindak lanjutnya Kecamatan Tempuran ini mengadakan seleksi duta gender dengan sasaran anak sekolah SMP, Mts, SMA dan SMK, " Kata Penyuluh KB Satpel KB Tempuran David Agustian.

Ada 8 peserta duta gender sambungnya, yang ikut seleksi dan setelah 8 peserta menunjukan bakat di depan juri yang di gawangi langsung ibu Sekertaris PKK Kabupaten Ny Siti Nurjanah Samsuri, Kabid PUG Siti Komarianingsih, dan Ketua PKK Kecamatan Tempuran Rokhmah Nia Hayati. Setelah lewat berbagai pertimbangan dan penilaian, maka di ambil satu Juara dari  8 peserta, di antaranya menangkan oleh siswa atas nama Widia

"Hal yang sering disalah artikan di masyarakat adalah menyatakan bahwa gender sama dengan jenis kelamin, atau mengartikan gender pasti selalu terkait dengan perempuan. Gender bukan didasarkan pada perbedaan biologis, sebab definisi gender berbeda dengan jenis kelamin, karena gender adalah konsep yang mengacu pada pembedaan peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan yang dibentuk atau dikonstruksikan (rekayasa) sosial dan budaya, dan dapat berubah dari waktu ke waktu, " Ungkapnya.

Foto : Kegiatan Seleksi Duta Gender tingkat SMP, Mts, SMA dan SMK di Kecamatan Tempuran

Disela-sela kegiatan, Plt Camat Tempuran, Komarudin  mengatakan, kegiatan seleksi duta gender tingkat sekolah ini di gelar Pemerintah Kecamatan Tempuran dan 
bekerja sama dengan DP3A  karawang, TP PKK Karawang dan Pemenang Juara 1 Gender Champions Kabupaten Karawang dan DPPKB, karena Kebetulan Tempuran jadi juara 1 gender Champions Tingkat Kabupaten. Ia berharap, terselenggarnya kegiatan ini adalah untuk memberi motivasi kepada peserta sebagai ajang prestasi dan dapat berkompetisi disegala bidang di kancah kepemimpinan baik laki-laki maupun perempuan.

"Kami berharap masyarakat dapat memahami akan kesetaraan gender sehingga diskriminasi terhadap permpuan berangsur berkurang. Kami dorong penyelenggaraan ini agar terus lahir duta-duta gender dari Kecamatan Tempuran yang semakin kompetitif, " Pungkasnya. (Rd)