×

Iklan

Indeks Berita

Target PBB Kelurahan Nagasari 2022 Tembus Rp 1,4 Milyar

20 Jun 2022 | Senin, Juni 20, 2022 WIB Last Updated 2022-06-20T13:49:14Z
Memiliki 6.497 SPPT, Kelihatan Nagasari Kecamatan Karawang Barat mengalami kenaikan target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2022 ini sebesar Rp1,4 Milyar. Angka ini, membengkak setelah terbit kebijakan kenaikan besaran PBB oleh Pemkab Karawang pada tahun ini, karena di tahun sebelumnya, Kelurahan yang berpenduduk belasan ribu jiwa ini, hanya di targetkan penerimaan PBB sekitar Rp970 jutaan pertahun.

Foto : Lurah Nagasari, Ade Sukardi


Ditemui di ruang kerjanya, Lurah Nagasari Ade Sukardi mengatakan, kenaikan target PBB tahun ini tak lepas dari kebijakan besaran pajak PBB yang di tetapkan Pemkab. Sehingga, target sebelumnya yang hanya Rp970 juta, saat ini pihaknya di target menuntaskan setoran PBB yang akan masuk ke PAD pemkab sebanyak Rp1,4 Milyar dengan sasaran 6.497 SPPT. 

"Ada kenaikan target tahun ini, sebab kita yang biasanya Rp970 juta, sekarang target pemasukan dari setoran PBB sebesar Rp1,4 Milyar, " ungkapnya, Senin (23/6/2022).


Namun demikian, sebut Ade, Kelurahan Nagasari tetap jadi rangkin 2 terbanyak setoran persentasenya setiap bulan se Kecamatan Karawang Barat. Perbulan ini saja, sudah masuk Rp188 juta atau 13,4 persen. Diharapkan, sampai jelang akhir tahun, minimalnya sudah bisa menembus lebih dari 80 persen. 

"Kesadaran bayar pajak masyarakat perkotaan sangat tinggi, karena mayoritas mereka bayar sendiri ke Bank dan layanan keuangan lainnya, " Ujarnya.

Kenaikan PBB, sebut Ade, tetap ada beberapa warga yang komplain ke Kelurahan, namun demikian pihaknya bersama Bendahara PBB selalu berjibaku meyakinkan dan memberikan pemahaman soal kebijakan ini.

"Yang komplain kenaikan ada saja sih, tapi kita sudah berikan sosialisasi lebih masif, Alhamdulillah tidak begitu kaget juga masyarakat wajib pajaknya, " Pungkas Ade. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS