Tiga rombel gedung SDN Bayurkidul 1 sempat ambruk di pertengahan Oktober 2021 lalu. Otak Atik anggaran dari ABT, CSR hingga Aspirasi DPRD sempat menghempas harapan rehabilitasi cepat sekolah tersebut, bahkan material setengah bata yang sudah terpasang dan mau di bangunkan Ruang Kelas Baru (RKB) membuat kening Kepsek setempat mengerut, menyusul, pihak rekanan malah kembali membongkar dan mengevaluasi material pasir, semen dan bata di sekolah tersebut tanpa kejelasan.

Foto : Bangunan Sempat Ambruk, Kepala SDN Bayurkidul 1 Kecamatan Cilamaya kulon Curhati Wabup Aep

Lama mengalami ketidakpastian garapan pembangunan, Kepala SDN Bayurkidul 1 Kecamatan Cilamaya Kulon, Ahmad Holili, curhat langsung kepada Wakil Bupati Karawang Aep Saepulloh, Jumat (12/8/2022).

"Saya tagih, karena diantara dua Kepala sekolah yang hampir mau dibangun, sejauh ini masih belum terbukti. Kami hanya meminta kepastian, sebab bangunan yang tak kunjung di garap rehabilitasi, berdampak pada animo masyarakat menyekolahkan anak-anaknya ke SD kami jadi berkurang, bahkan yang sudah ada saja, beberapa adiantaranya banyak pindah sekolah. Kami juga memohon 18 titik yang sejak 2021 konon katanya mau di rehab berat, ringan dan sedang agar bisa di realisasikan di sekolah-sekolah lainnya di Cilamaya Kulon ini, " Kata Ahmad Holili S.pd.

Menyikapi ini, Kepala Disdikpora Karawang Asep Junaedi mengungkapkan, progres hari ini sudah SPK dan akan di selesaikan rehabilitasi di tiga SD tahun ini, yaitu SDN Bayurkidul 1, SDN Bayurkidul 3 dan SDN Pasirukem 1. 

Foto : Bangunan Sempat Ambruk, Kepala SDN Bayurkidul 1 Kecamatan Cilamaya kulon Curhati Wabup Aep

"Sempat mau di selesaikan namun memang ada beberapa kendala, tapi tahun ini khusus di tiga SD bakal di segera digarap, " Ujarnya.

Wakil Bupati Karawang Aep Saepulloh mengatakan, tahun 2023 rehabilitasi dan RKB terus di upayakan selesai ratusan unit sekolah di Karawang. Jadi, karena berdampak pada proses belajar mengajar, Ibu Bupati sudah concern mau tuntaskan rehabilitasi kelas yang rusak berat di Karawang.

"Jadi, saya kira ini gak setengah-setengah, semuanya di target bisa segera tuntas di 2023 nanti, " Pungkasnya. (Rd)