Breaking News
---

Tingkatkan Kapasitas Kinerja, Forum BPD Se Kecamatan Telagasari Gelar Bintek

Tingkatkan kapasitas kinerja, seluruh anggota BPD se Kecamatan Telagasari yang tergabung dalam Asosiasi BPD Nasional (ABPednas) selenggarakan Bimbingan Teknis (Bintek), Sabtu (20/8/2022). Bintek yang menghadirkan langsung Muspika Kecamatan, operator hingga pejabat DPMD Karawang tersebut, merupakan penyelenggaraan yang di danai langsung lewat anggaran Bantuan Provinsi (Banprov) 2022 yang khusus untuk alokasi BPD dalam peningkatan kapasitas dan pembinaan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa.

Foto : Tingkatkan Kapasitas Kinerja, Forum BPD se Kecamatan Telagasari Selenggarakan Bintek di Desa Pasirmukti

Ketua ABPednas Kecamatan Telagasari, Icam mengatakan, Bintek ini di selenggarakan semua anggota BPD se Kecamatan dalam rangka peningkatan kompetensi, teknis dan sosialisasi tugas-tugas pokok dan fungsi BPD. Pihaknya, mengapresiasi kekompakan seluruh anggota BPD dan pengurus ABPednas yang secara langsung hadir dalam kegiatan yang digelar di Desa Pasirmukti ini. Karena, sebut Icam, Bintek ini sangat penting, diharapkan para anggota BPD se Kecamatan bisa menambah wawasan dan pengetahuan, utamanya yang berkenaan dengan tupoksinya di desa masing-masing. Sehingga, meskipun sama-sama jadi mitra Kades dengan SK langsung dari Bupati, kedepan tidak ada lagi istilah BPD di 'anak' tirikan dalam hal peran, tugas hingga kesejahteraannya.

"Kita harap, semua anggota BPD bisa menambah wawasan soal tupoksi lewat Bintek ini, agar dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa, sesuai alur dan aturan yang ada, " Ungkap Icam.
Foto : Tingkatkan Kapasitas Kinerja, Forum BPD se Kecamatan Telagasari Selenggarakan Bintek di Desa Pasirmukti

Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Kecamatan Telagasari Kusnadi mengapresiasi kekompakan dan kebersamaan semua anggota BPD se Kecamatan Telagasari dalam penyelenggaraan Bintek ini. Ia pastikan, semua Kades di Telagasari bisa memenuhi hak-hak BPD di desa masing-masing, karena ia tahu betul peran dan pentingnya BPD dalam tata kelola pemerintahan desa. Justru sebut Kades yang akrab di sapa Lurah Tikuk ini, para Kades jadi mawas diri ketika BPD ikut berperan melaksanakan fungsi-fungsi pengawasan kinerja pemerintah desa,  sehingga menyelenggarakan pemerintahan baik program pembangunan dan pemberdayaan bisa lebih efektif. 

"Kita akan sama-sama dorong BPD untuk mendapatkan haknya dari para Kades di Telagasari, karena saya faham betul peran dan fungsi BPD di pemerintahan desa, " Ungkapnya.

Subkoor Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMD Karawang Andry Irawan memuji para pengurus ABPednas dan BPD se Kecamatan Telagasari yang telah selenggarakan Bintek ini. Sebab, kemampuan Pemkab dalam setahun untuk peningkatan kapasitas BPD, hanya mampu menyentuh 58 anggota BPD yang di akomodasi ikuti bimtek program tahunan DPMD, sementara jumlah anggota BPD se Kabupaten Karawang sendiri, lebih dari 2,3 ribuan sehingga dalam masa jabatan 5 tahun, tidak memungkinkan penyelenggaraan Bintek Pemkab di gelar menyentuh semua anggota BPD. Untuk itu, ia berharap Bintek tingkat kecamatan semacam ini, bisa terselenggara rutin di setiap Kecamatan sehingga kompetensi, wawasan dan pengetahuan soal tupoksi BPD bisa tersampaikan optimal ke semua anggota. 

''Pemkab, hanya selenggarakan Bintek dalam setahun ini untuk BPD hanya 58 orang, jadi gak semua bisa tercover dengan jumlah lebih dari 2.300 orang. Karenanya, lewat Bintek semacam ini, penting di lakukan agar menambah wawasan, minimalnya dari yang tadinya belum detail faham soal tupoksi, sedikit ada tambahan pengetahuan dan terarah, " Tandasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kasie PMD dan Kasie Pemerintahan Kecamatan Telagasari mewakili Camat, Perwakilan Kapolsek dan Danramil Telagasari juga sejumlah Forum ABPEdnas Kabupaten Karawang. (Red)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan