Pemerintah Desa Sukamulya Kecamatan Cilamaya Kulon dapati pagi anggaran Rp2,1 Milyar dalam APBDes tahun 2022. Anggaran yang bersumber dari Dana Desa, BanGub, DBH, ADD dan PADes tersebut, masih belum mencukupi progres pembangunan yang cepat, utamanya refocusing anggara  yang masih terkuras dampak pandemi covid_19 untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). 

"Jujur saja, pembangunan infrastruktur di desa belum begitu puas di tahun 2022 ini, sebab masih dominan fokus ke BLT dari Dana Desa dengan batasan minimal 40 persen. Sehingga, beberapa rencana fisik tertunda karena demi penanggulangan pandemi covid_19. Tapi, mudah-mudahan, PR yang tertunda ini, bisa terealisasi progresnya lebih banyak di tahun 2023, " Kata Kades Sukamulya, Ucup Subhan saat Musrenbangdes penyusunan RKPDes, Kamis (6/10/2022).
Foto : Kegiatan MusrenbangDes Sukamulya Kecamatan Cilamaya Kulon, Kamis (6/10/2022)

Ucup menambahkan, anggaran di tahun 2022 ini, menyisakan satu tahap lagi sampai akhir tahun dan belum diketahui berapa pagu untuk alokasi dari berbagai sumber anggaran di tahun 2023 mendatang. Yang jela, sebut Ucup, ia berharap agar anggaran yang turun ke desanya, bisa di perbanyak dan mampu mengcover percepatan sektor pembangunan infrastruktur. 

"Jalan poros Alhamdulillah tuntas, nanti tahun depan diajukan untuk pelebaran jalan Perbatasan Bayurlor - Kantor Kecamatan - Puloluntas dan sudah masuk ajuannya yang diharapkan bisa terwujud, " Katanya.

Kasie Pemerintahan Kecamatan Cilamaya Kulon, Indra mengatakan, perencanaan pembangunan yang partisipatif adalah dari bottom up, yaitu murni dari bawah, mulai dari musyawarah tingkat dusun. Namun demikian, musyawarah harus akuntabel dan aspiratif yang benar-benar di butuhkan prioritas urgensinya sebelum di syahkan dan di tetapkan bersama BPD dan Kades, baik urusan fisik, pemberdayaan, ekonomi dan kemasyarakatan lainnya.

"Semua perencanaan dan penganggarannya nanti bisa terdeteksi pemerintah pusat dan daerah lewat inputan di aplikasi SIPD, sebagaimana di amanahkan oleh Dirjen Bangsa dan Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, sehingga jelas terarah ploating anggaran di setiap pos OPD kedepan, " Pungkasnya.

Hadir dalam Kegiatan MusrenbangDes Sukamulya tersebut, Kasie PMD dan Pendamping Desa Kecamatan bersama sejumlah anggota BPD dan Ketua LPM Desa Sukamulya. (Rd)