Kabupaten Karawang berhasil meraih medali emas pertama dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar melalui cabang olahraga dayung. Medali emas diraih oleh Melani Putri setelah berhasil menyisihkan atlet lainnya dalam final rowing nomor LW1X.
Foto : Cabor Dayung Kabupaten Karawang


Tidak hanya itu, Melani mampu melanjutkan pencapaian membanggakannya dengan kembali meraih emas keduanya di nomor W1X, sekaligus menjadi emas kedua kontingen Kabupaten Karawang.

Selain itu, Dayung Karawang juga mampu menyabet perunggu dari nomor LM4- dan W2-.

Ketua Harian Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Karawang, Irwan Setiawan mengaku bersyukur atas pencapaian medali emas.

“Alhamdulillah, sesuai target Melani mampu meraih emas. Kami masih memiliki peluang untuk menambah medali karena masih ada satu nomor rowing lainnya yang final hari ini. Dayung juga masih akan mengikuti nomor canoeing, dragonboat dan slalom,” ujar Irwan ketika dikonfirmasi, Sabtu (5/11/2022).

Dayung menjadi salah satu cabor yang sedang melangsungkan pertandingan. Atlet-atlet dayung Karawang sukses menyabet dua emas dan tiga perunggu saat bertanding di Situ Cileunca, Kabupaten Bandung pada Jumat (4/11/2022). Dua emas disabet dari nomor rowing LW1X dan W1X. Sedangkan perunggu diraih dari nomor rowing LM4-, W2-, dan W4X.

Kemudian, per hari ini, Sabtu (5/11/2022) Tim dayung Karawang juga berhasil menambah tiga perunggu. Ketiga medali ditorehkan dari nomor rowing LM1X, W4-, dan M4X.

Pengurus Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Karawang, Alia Maedina mengaku bersyukur. Menurutnya, pencapaian dua emas nomor rowing sesuai target yang diusung.

"Alhamdulillah, sangat puas dapat mencapai target dua emas nomor rowing. Anak-anak sangat fight. Ini merupakan hasil dari proses latihan yang rutin kami gelar. Mudah-mudahan kami bisa terus menambah perolehan medali emas di Porprov, karena masih ada nomor canoeing, slalom dan dragon boat yang akan kami ikuti," ujar Alia.

Ketua KONI Kabupaten Karawang, Sayuti Haris menyampaikan apresiasi terhadap pencapaian atlet dayung yang mampu meraih medali emas.

Untuk diketahui, Kabupaten Karawang menempati posisi 14 klasemen sementara perolehan medali Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar hingga Sabtu (5/11/2022). Karawang mengumpulkan total delapan medali yakni dua emas dan enam perunggu.

Kendati pembukaan Porprov XIV Jabar baru akan dilaksanakan pada 12 November 2022 mendatang, sejumlah cabang olahraga telah dipertandingkan sejak akhir Oktober. (Jn)