Borneo FC Samarinda mengalahkan Bali United pada pekan ke-15 Liga 1 2022. Pesut Etam menang 3-1 meski hanya bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua.

Borneo FC Samarinda mengalahkan Bali United pada pekan ke-15 Liga 1 2022. Pesut Etam menang 3-1 meski hanya bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua

Kedua tim menampilkan intensitas permainan tinggi dan agresif sejak awal laga di Stadion Sultan Agung, Bantul, Kamis (15/12/2022). Kedua kesebelasan saling melancarkan serangan ke lini belakang masing-masing.

Pertahanan kedua tim juga bermain solid sehingga mampu membendung serangan lawan masing-masing. Tak banyak peluang yang bisa diciptakan dalam 30 menit awal laga.

Memasuki menit ke-35, terlihat permainan mulai dikendalikan tim Pesut Etam, sementara Serdadu Tridatu tampaknya lebih menunggu. Serangan demi serangan Borneo dilancarkan, baik dari sektor sayap maupun tengah.

Tapi karena kokohnya pertahanan dari Bali United, tak ada peluang yang mengancam gawang yang dijaga oleh Muhammad Ridho. Sementara Bali United sesekali mampu melancarkan serangan.

Tim asuhan Stefano Cugurra ini juga beberapa mendapatkan kesempatan untuk menyerang. Tapi sayang, tidak ada peluang yang sangat mengancam gawang dari Pesut Etam yang dijaga oleh Angga Saputra.

Hingga di menit-menit akhir babak pertama, terlihat kedua tim saling melakukan pelanggaran. Kondisi itu membuat tensi pertandingan semakin meningkat.

Di babak kedua, tensi tinggi tetap berlanjut. Hal tersebut membuat pemain Borneo FC Sihran Amarullah mendapat kartu kuning kedua sehingga harus keluar dari lapangan pada awal babak kedua.

Meski kalah jumlah pemain, Borneo justru bisa unggul 1-0 pada menit ke-53. Pemain pengganti Andy Harjito melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang mengoyak gawang Borneo.

Bali United sanggup mencetak gol penyeimbang empat menit kemudian. Lerby Eliandry mengubah skor menjadi 1-1 lewat sundulannya yang memanfaatkan bola kemelut di depan gawang Borneo.

Borneo sanggup unggul lagi dengan skor 2-1 pada menit ke-62. Agung Prasetyo sukses menanduk umpan tendangan sudut ciamik yang dilepaskan Stefano Lilipaly.

Tertinggal 1-2, Bali United kesulitan melancarkan ancaman ke gawang Borneo. Justru Borneo yang sanggup menambah keunggulan menjadi 3-1 pada injury time lewat tendangan penalti yang sukses dieksekusi Jonathan Bustos.

Skor itu pun bertahan sampai pertandingan berakhir. Hasil ini membuat Borneo menyamai perolehan poin Bali United dengan 30 angka.

Serdadu Tridatu pun digusur Borneo dari puncak klasemen. Sebab Liga 1 menggunakan head-to-head untuk menentukan posisi ketika dua tim atau lebih memiliki torehan poin yang sama.

Susunan pemain

Bali United: 88-Muhammad Ridho; 5-H. Abdillah (Jajang Mulyana 73'), 32-L. Tupamahu (Novri Setiawan 28'), 43-Willian Pacheco, 24-Ricky Fajrin (Ardi Idrus 72'); 6-Brwa Nouri, 19-Rizky Pellu (Ramdani Lestaluhu 59'), 10-Eber Bessa, 37-Privat Mbarga, 11-Yabes Roni (M. Rahmat 59'); 20-Lerby Eliandry

Borneo FC: 1-Angga Saputra; 74-R. Marasabessy (Andy Harjito 27'), 13-Agung Prasetyo, 19-Javlon Guseynov, 15-Leo Guntara; 8-Kei Hirose, 12-Hendro Siswanto, 10-J. Bustos; 14-Stefano Lilipaly (Arya Putra 73'), 7-Matheus Pato (Wildansyah 89'), 90-M. Sihran.


Sumber: detik.com