Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Sosial Kabupaten Karawang menggelar peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2022 dipadukan dengan Peringatan Hari Disabilitas Nasional (HDN) di Galeri Seni Budaya, Selasa (20/12/2022).
HKSN dan Hari Disabilitas Nasional, Sekda Acep: Setiap Insan Punya Kelebihan


Hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, H. Acep Jamhuri, Plt. Kepala Dinsos Kabupaten Karawang, Ridwan Salam beserta jajaran, Karang Taruna Kabupaten Karawang, Gemasik, camat, TKSK, pendamping PKH, PSM dan PMKS serta LKSK.

Dalam sambutanya, Sekda mengatakan bahwa dirinya yang terlahir dalam kondisi fisik sempurna merasa malu dan iri akan semangat para penyandang disabilitas dalam menjalani kehidupan ini.

“Kita harus banyak belajar bagaimana mental mereka sangat kuat sedangkan, kita yang secara fisik normal namun mental kita tidak setangguh mereka” katanya.

Sekda mengaku turut haru dan bahagia berada di tengah-tengah sahabat difabel
yang memiliki semangat untuk terus berkembang. Dengan keterbatasan yang dimiliki tidak sedikitpun menyurutkan semangat mereka untuk hadir dalam hajat besar tersebut.

"Kita harus rangkul dan bahagiakan sahabat sahabat difabel kita. Insya allah dengan pendampingan yang tulus, mereka bahagia, pahala besar buat kita. Bisa nambah panjang umur juga," terangnya.

Ia menuturkan, manusia diciptakan menang. Namun sebuah kekurangan bukanlah sebuah aib. Hal tersebut harus disyukuri dengan menjadikan sebuah kekurangan sebagai kelebihan.

"Pemkab juga tidak menutup mata dan akan selalu hadir memerhatikan kaum difabel. Bahkan saya baru tau ada beberapa sahabat difabel yang bekerja di dinas dinas seperti di Dinas Sosial dan Dinas Tenaga Kerja," ungkapnya.

Pada peringatan kali ini, Dinsos memberikan bantuan kepada para penyandang disabilitas yakni berupa 3 kursi roda, 2 alat bantu walker atau kaki empat, 1 buah alat bantu tongkat ketiak, 2 alat bantu dengar, 2 pemasangan kaki palsu, 3 alat bantu pengukuran kaki palsu. (Jn)