Sebanyak 40 satgas BPBD Karawang ikuti kegiatan Ujian Kompetensi (Ujikom) tertulis dan keterampilan dalam penggunaan sarana pra sarana kebencanaan 24 - 26 Januari 2023. 
Foto : BPBD Karawang Gelar Ujian Kompetensi dan Keterampilan Satgas BPBD via Instruktur Basarnas


Mereka, yang di latih langsung instruktur dari Unit Basarnas berpeluang mengantongi sertifikat dan perpanjangan perjanjian kerja sebagai anggota satuan tugas penanggulangan bencana BPBD Karawang.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Karawang, Ferry Muharam MH mengatakan, kegiatan ini di langsungkan selama tiga hari dan diikuti oleh seluruh satgas penanggulangan bencana BPBD kabupaten karawang yang berjumlah 40 orang. Dengan menghadirkan instruktur unit Basarnas, para peserta ini di uji dengan jenis ujian kompetensi terkait  integritas dan wawasan tentang penanggulangan bencana, juga ujian keterampilan dan kecepatan dalam penggunaan sapras peralatan kebencanaan, seperti penggunaan perahu karet bermesin, pendirian tenda pengungsi dan lainnya.
Foto : BPBD Karawang Gelar Ujian Kompetensi dan Keterampilan Satgas BPBD via Instruktur Basarnas

"Penyelenggara adalah dari bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD. Nantinya, para peserta ujian ini akan diberi apresiasi berupa sertifikat, dan di perpanjang perjanjian kerjanya dengan BPBD sebagai anggota satuan tugas penanggulangan bencana BPBD Kabupaten Karawang, " Katanya.

Salah seorang peserta yang juga Satgas BPBD Cilamaya Wetan, Aan Susanto mengatakan, pelatihan dan ujian selama 4 hari ini sangat di apresiasinya. Selain melewati tahapan interview, tes pengisian soal di ujian kompetensi, pihaknya juga di uji tes cara memasang tenda pengungsi, water rescue, dan juga renang di hari terakhir. 

"Kegiatan ini untuk menyeleksi dan memberi penilaian soal kemampuan satgas, kami berharap bisa terus lulus dan mengabdi sebagai satgas BPBD untuk melayani kebencanaan masyarakat Karawang lebih matang dan terlatih, " Pungkasnya. (Rd)