KH Zubair Wasith dan Haji Jaenal Arifin resmi di lantik sebagai Rois Syuriah dan Ketua Tanfidziah PCNU Karawang masa Khidmat 2023-2027 pada Rabu (15/3/2023) di Gedung Auditorium Indo Alam Sari. 
Foto : Prosesi Pelantikan PCNU Karawang Oleh Wakil Katib Syuriah PBNU KH Hasannuri Hidayatullah


Puluhan Barisan Syuriah dan Tanfidziyah dari beragam latar belakang kompak berseragam kemeja dan pakaian koko putih berlogo PCNU Karawang dan di kukuhkan langsung Wakil Katib Syuriah PBNU KH Hasannuri Hidayatullah di hadapan Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Barat KH Juhadi dan Rois PWNU Jawa Barat KH Abun Bunyamin. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Acep Jamhuri dan sejumlah Anggota DPRD baik Kabupaten/kota maupun provinsi

Dalam sambutannya, Ketua PCNU Karawang, H. Jenal Aripin mengungkapkan perjalanan Nahdlatul Ulama yang kini memasuki abad ke dua, harus dijadikan sebagai momentum untuk melakukan refleksi meneguhkan kembali jati diri sebagai khidmah Ijtima’iyah (pelayan sosial) dan Taqwiyatul Jam’iyah (penguatan kelembagaan ) dengan mengoptimalkan fungsi Leadership dan jejaring pesantren sebagai titik koordinat, serta mensinergikan potensi SDM yang dimiliki dengan potensi instansi atau lembaga lain.

"Orientasi program untuk lima tahun ke depan melalui paradigma khidmah Ijtima’iyah dan Taqwiyatul jam’iyah sebagai jawaban atas banyaknya kritikan terhadap Nahdlatul Ulama yang dipersepsikan sudah terjebak rutinitas program elitis, dan terlibat jauh masuk ke dunia politik praktis,” jelasnya.

Selain itu tambah Mantan Bendahara DPC Partai Demokrat Karawang ini, ia juga menyoroti berbagai isu yang berkembang saat ini, selain isu radikalisasi dan kemajuan teknologi informasi agar semua pengurus dan banom NU jadi benteng, hubungan pejabat politik pembuat kebijakan dengan pejabat birokrasi pelaksana dan pengontrol kebijakan dan terkait alias Umaro harus semakin masif ber sinergis dengan ulama. "Kita bangun pondasi kuat untuk menangkal radikalisme di Karawang, juga menjawab tantangan dan isu teknologi informasi yang semakin canggih, " pesannya. 

Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Barat, KH. Juhadi Muhammad berharap, PCNU Karawang periode 2023-2027 ini, memberikan sebuah terobosan untuk kemajuan Nahdlatul Ulama.

“PCNU Karawang harus mampu membawa perubahan untuk kemajuan Nahdlatul Ulama, karena tantangan pasti banyak, tapi insya Allah mampu menyelesaikan tantangan tersebut, kita telah membuktikan bahwa NU sudah masuk abad ke-2, tentu dan rintangan NU abad ke 2 lebih banyak, tapi dengan kekompakan Insya Allah bisa dihadapi,” jelasnya. (Red)