Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus melaksanakan pengecekan sejumlah jalur mudik yang menjadi titik rawan kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Hal itu dilakukan pihaknya guna kesiapan jajarannya dalam rangka menghadapi pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023.
Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rombongan Kapolda Jabar langsung melalukan pengecheckan serta peninjauan ketersediaan fasilitas umum di Pos Pengamanan (Pospam) Utama Polres Karawang yang berada di Rest Area KM57 Tol Japek, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang pada Selasa (11/4) siang hingga sore.

Kapolda Jabar melalui Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, terkait untuk kesiapan Polda Jabar dalam rangka melaksanakan Pengamanan (PAM) Idul Fitri 2023 kali ini seperti mulai dari trend gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Jabar selama tiga bulan terakhir hingga pengecekan jalur dan survey jalur, beserta pengendalian arus lalu lintas.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus

Karenanya, lanjut Ibrahim, Ops Ketupat Lodaya kali ini diharapkan kesiapsiagaan petugas yang ada di lapangan agar lebih maksimal lagi dalam pengaturan lalu lintas sebagai sasaran diantara obyek PAM Ops Ketupat Lodaya Tahun 2023.

"Adapun beberapa obyek lokasi yang menjadi perhatian dalam pengamanan dan diamankan secara maksimal oleh kami, diantaranya yaitu dengan mendirikan pos-pos terpadu di wilayah hukum Polda Jabar," ungkap Ibrahim kepada sejumlah awak media di lokasi pengecheckan dan peninjauan Pospam Mudik Lebaran 2023 di Rest Area KM57 Tol Japek, Kabupaten Karawang.


Disampaikan juga prediksi ancaman prioritas dalam hasil rapat yang digelar Polda Jabar bersama dengan jajaran Polres Polda Jabar yang turut membahas prediksi ancaman prioritas yang harus diantisipasi oleh Polda Jabar dalam mengamankan Hari Raya Idul Fitri.

"Hal kemacetan dan kecelakaan dijalur mudik dan balik, untuk mengantisipasi ini tentunya kami terjunkan beberapa personil dititik titik rawan kemacetan," jelasnya.

Disampaikan juga Bagi personil yang melaksanakan pengamanan di Rest Area agar mengantisipasi kendaraan yang parkir di bahu jalan yang dapat menimbulkan kemacetan dan kecelakaan.

"Laksanakan rekayasa lalu lintas baik di Jalur Tol maupun di Jalur Arteri sehingga tidak adanya kemacetan di titik titik krusial," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, kunjungan kerja yang dilakukan para pejabat utama Kepolisian Daerah (Polda) Jabar ini disambut langsung oleh Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono beserta jajarannya di Polres Karawang. (Gj/rls).