Komjen Pol Purn Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menyalip Uu Ruzhanul Ulum dan Saan Mustopa untuk elektabilitas di Pilgub Jabar 2024. Berdasarkan hasil survei Cita Survei Indonesia (CSI) terbaru, tingkat elektabilitas Iwan Bule berada di urutan keempat.

Foto : Celica Nurrachadiana

Dalam survei tersebut, tingkat elektabilitas Iwan Bule 10,6 persen di bawah Ridwan Kamil dengan 22,5 persen, Ono Surono 17,3 persen, dan Dedi Mulyadi 11,1 persen.

Sedangkan Uu Ruzhanul Ulum 9,5 persen, Saan Mustopa 7,4 persen, Bima Arya 5,0 persen, Netty Prasetiyani Heryawan 4,2 persen, Celica Nurrachadiana 1,6 persen, dan Taufik Hidayat 1,0 persen.

Iwan Bule yang berada di urutan keempat ini mengejutkan karena menyalip calon lain. Sebab, mantan ketua umum PSSI ini belum banyak bergerak untuk menuju Pilgub Jabar 2024.

Berbeda dengan bakal calon yang telah lebih dulu bergerak menggalang dukungan. Seperti Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono, dan Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi.

Hasil survei yang dilakukan CSI berdasarkan pilihan masyarakat di 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat. Pengumpulan data survei dilakukan pada 27 Februari-9 Maret 2023 menggunakan metode multistagerandom sampling dan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

"Nama-nama lain masih terus bergulir dan berpotensi bisa naik atau bertahan," demikian keterangan dalam dalam rilis CSI yang diterima, Senin (3/4/2023).

Foto : Mochamad Iriawan atau Iwan

Jumlah responden awal 1.200 responden terpilih dari 27 kabupaten/kota di Jabar. Selain itu, wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner dilengkapi riset kualitatif dengan margin of error sekitar 2,8 persen (Inews)