*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Sangat Disayangkan Program Mudik Gratis Bersama Polres Karawang Sepi Peminatnya

Dalam rangka menekan jumlah volume kendaraan pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya, berbagai instansi pemerintahan maupun swasta pun membuat program Mudik Gratis dengan beragam tujuan rute berbeda hingga membatasi jumlah kuota peserta pemudiknya.
Sepi Peminat, Program Mudik Gratis Bersama Polres Karawang Hanya Diikuti 222 Peserta


Salah satunya seperti program mudik gratis yang diselenggarakan Polres Karawang ke dua tujuan kota berbeda (Kota Cirebon dan Kota Semarang). Dalam program itu, Polres Karawang menargetkan jumlah kuota peserta mudik gratis ini akan diikuti oleh 500 peserta mudik untuk pulang ke kampung halamannya.
Sepi Peminat, Program Mudik Gratis Bersama Polres Karawang Hanya Diikuti 222 Peserta

Dalam keterangan resminya kepada awak media, Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengklaim bahwa pihaknya menyiapkan 10 armada bus untuk jumlah kuota sebanyak 500 peserta mudik gratis dalam mengikuti program yang merupakan inisiasi Polri guna memberikan dukungan dan pelayanan kepada masyarakat Karawang yang hendak melaksanakan mudik lebaran.

Sepi Peminat, Program Mudik Gratis Bersama Polres Karawang Hanya Diikuti 222 Peserta

“Hari ini kita berangkatkan 10 armada dengan rute tujuan dari Karawang menuju Kota Cirebon dan Kota Semarang,” ungkap Kapolres dalam siaran persnya.

Menurutnya, lanjut dia, adanya mudik gratis ini diharapkan dapat mengurangi volume pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat maupun sepeda motor. "Ini tentu dapat mereduksi apabila masyarakat yang sekarang diberangkatkan pada hari ini, diharapkan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi," harap dia.

Sepi Peminat, Program Mudik Gratis Bersama Polres Karawang Hanya Diikuti 222 Peserta 

Sementara itu, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menyebut bahwa program mudik gratis bersama Polres Karawang ini jadi yang perdana diikuti oleh 222 warga Karawang untuk melakukan mudik lebih awal.

"Totalnya, Polres Karawang sediakan 10 bus dengan beragam tujuan. Namun yang diberangkatkan pada hari ini hanya ada 7 bus dulu," terang Bupati Cellica yang dikutip Kantor Berita RMOL.Jabar dari laman akun resmi Instagram miliknya, @cellicanurrachadiana.

Adapun rincian tujuannya, lanjut Bupati menyebutkan, yaitu untuk armada bus tujuan Terminal Penggaron, Kota Semarang ini akan mengantarkan 184 pemudik. "Sedangkan untuk satu armada bus dengan tujuan Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat tersebut akan mengantar 38 pemudik. Sehingga total untuk yang diberangkatkan (Polres Karawang) hari ini, ada 222 peserta mudik gratis," ucapnya.

Meski dalam pelaksanaannya itu hanya diikuti oleh 222 peserta mudik gratis bersama Polres Karawang, program tersebut disinyalir sepi untuk diminati oleh warga Karawang. Padahal, layanan mudik gratis Polres Karawang ini awalnya direncanakan akan menyediakan kuota hingga 500 pemudik.

"Pagi ini Polres Karawang menggelar kegiatan pelepasan peserta Mudik Gratis Bersama Polres Karawang, untuk warga yang hendak mudik ke kampung halamannya," kata dia.

Secara simbolis, Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono bersama Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana dengan sejumlah perwakilan Forkompimda Kabupaten Karawang melepas pemberangkatan 222 peserta mudik gratis dengan menggunakan 7 armada bus yang berangkat dari Halaman PRK, Kawasan Galuh Mas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Kamis (13/4).

"Mudik gratis ini merupakan program Polres Karawang untuk memudahkan warga yang hendak pulang kampung, dan memilih berangkat sebelum musim mudik dimulai. Tujuannya untuk mengurangi kepadatan volume kendaraan di jalur mudik menjelang datangnya lebaran," kata Bupati Cellica lagi.

Meski belum bisa dipastikan terkait berkurangnya animo warga Kabupaten Karawang yang diduga sepi peminat itu pun, tentunya hal ini jadi catatan tersendiri bagi jajaran para penegak hukum di Karawang dalam menjaring minat warga agar memilih mudik menggunakan angkutan umum.

Namun demikian, dalam pelaksanaannya itu jauh dari animo warga dalam mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan Polres Karawang. "Kami menghaturkan terima kasih kepada Polres Karawang atas program mudik gratis untuk warga kami ini. Doa kami, semoga selamat sampai tujuan dan berkumpul dengan keluarga tercinta. Barakallah," tutupnya.(red/gj)

Komentar0