Kompetensi Keahlian Welding atau teknik pengelasan, di rasa spesial lantaran tidak semua SMK Negeri dan Swasta di Karawang memilikinya. 

Bahkan, jurusan dengan jaminan serapan tenaga kerja yang potensial bagi para lulusannya di dunia industri ini, terbilang kompetensi yang tergolong 'mahal' dibanding kompetensi keahlian lainnya.

Beradu Ketangkasan teknik welding, sebanyak 6 Siswa kelas XI dari 5 SMK Negeri dan Swasta di Karawang, ikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Pengelasan yang di selenggarakan langsung di ruang welding SMK PGRI Telagasari, Sabtu (30/4/2023). 
Di gawangi panitia dan juri dari pejabat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang dengan sponsorship dari PT Unggul Teknik Perkasa, lomba LKS pengelasan kategori 1G Done Hand ini, merupakan seleksi untuk melahirkan delegasi lomba serupa di tingkat provinsi Jawa Barat pada 9,10 dan 11 Mei 2023 mendatang. 
Foto : Peserta LKS SMK Pengelasan Tingkat Kabupaten Karawang Saat Berlomba di SMK PGRI Telagasari,Sabtu (30/4/2023)

Panitia penyelenggara LKS Siswa Teknik Pengelasan 2023 tingkat kabupaten Karawang, Hasanudin ST mengatakan, LKS tahun ini kembali di gelar yang kebetulan terselenggara di SMK PGRI Telagasari sebagai tuan rumah. Adapun pesertanya, sebanyak 6 siswa kelas XI dari 5 SMK yaitu SMK PGRI Telagasari, SMKN 1 Karawang, SMK Taruna Karya Mandiri Tempuran, SMK Muhammadiyah 1 Cikampek dan SMK Suryacipta. Mereka, sebut Hasan, berlomba kategori 1G Done Hand dan dibagi dengan dua sesi. 

"Selama berlomba, mereka di nilai juri langsung dari Disnakertrans Pak Suparno Priambodo dan panitia teknis, " Katanya.

Lewat seleksi ini, sebut Hasan, akan lahir juara yang disiapkan dalam lomba serupa di tingkat provinsi Jawa Barat pada 9,10,11 Mei mendatang di SMKN 2 Bandung, dimana dalam lomba itu, kategorinya pada posisi 6G Kombinasi GTAW dan SMAW. 
Adapun aspek penilaian yang dari provinsi sambung Hasan, dijadikan acuan dalam lomba tingkat kabupaten ini, antara lain seperti lebar jalur las capping, tinggi jalur, penetrasi, Ebtuk jalur las, undercut, overlap, distorsi, keropos, hingga kerapian pekerjaannya.

"Hasil yang sekarang ini, nanti kita laporkan ke MPGP dan MKKs SMK termasuk tembusannya ke Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah IV Jawa Barat, sehingga Karawang memastikan diri siap berlomba serupa di tingkat Jawa Barat, karena tahun kemarin saja, sukses betapapun bertengger di posisi juara 2, " Ungkapnya. 
Foto : Peserta LKS SMK Pengelasan Tingkat Kabupaten Karawang Saat Berlomba di SMK PGRI Telagasari,Sabtu (30/4/2023)

Setelah hasil penilaian LKS Pengelasan seharian, pihak juri menetapkan SMK PGRI Telagasari yang juga tuan rumah, sebagai Juara 1 yang di wakili oleh siswa bernama Adrian Maulana Yusuf, Kemudian disusul Juara 2 adalah siswa SMKN 1 Karawang atas nama Aldiansyah dan juara 3 juga di raih SMK PGRI Telagasari atas nama Ardiansyah. (Rd)