Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, menyediakan anggaran sekitar Rp250 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) di Kecamatan Rengasdengklok.

Bupati Karawang

"Rencana pembangunannya kini sudah memasuki persiapan akhir," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, di Karawang.

Ia menyampaikan rapat persiapan akhir pembangunan rumah sakit telah digelar, dihadiri sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait beserta konsultan dan pengawas.

"Jadi nanti warga yang tinggal di wilayah utara tidak perlu repot jauh-jauh pergi ke RSUD Karawang," kata Bupati Cellica.

Ia mengatakan dengan anggaran Rp250 miliar, bangunan itu akan menjulang setinggi enam lantai. Masing-masing lantai terdiri dari berbagai layanan seperti layanan hemodialisa, layanan penyakit paru, dan lain-lain.

"Di rumah sakit ini juga akan kami bedakan jalur IGD penanganan penyakit infeksius dan non-infeksius. Sehingga safety-nya benar-benar sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan," katanya.

Rencananya, rumah sakit di Kecamatan Rengasdengklok itu akan dibangun di atas lahan seluas 2,3 hektare yang berlokasi di jalan utama Tugu Proklamasi Rengasdengklok.

Kegiatan pembangunan rumah sakit di Rengasdengklok itu akan segera masuk tender pada Mei-Juni 2023 dan dikerjakan pada Agustus 2023 serta diproyeksikan selesai Oktober 2024.(Ant)