Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menerima pendaftaran 120 bakal calon legislatif (bacaleg) untuk DPRD Provinsi Jawa Barat pada Pemilu 2024, dari PDI Perjuangan, di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut Kota Bandung, Kamis.

KPU Jawa Barat Terima Pendaftaran 120 Bacaleg PDIP

Pendaftaran bacaleg dari PDI Perjuangan diserahkan oleh dari Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono yang didampingi oleh Bendahara DPD PDI Perjuangan Ineu Purwadewi Sundari dan diterima langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok.

"Sampai tanggal 11 Mei 2023 ini, kami sudah menerima pendaftaran bacalon dari parpol itu ada dari empat parpol. PKS, PPP, Hanura dan hari ini PDI Perjuangan," kata dia.

Rifki memprediksi parpol lainnya akan mendaftarkan bacalegnya ke KPU Jawa Barat, pada tiga hari terakhir batas waktu pendaftaran.

"Jadi besok hari Jumat, lalu Sabtu dan terakhir di hari Minggu. Kenapa banyak yang daftar di tiga hari terakhir mungkin karena ada proses administrasi belum selesai. Seperti rekomendasi dari DPP-nya," kata dia.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono menambahkan PDIP mengangkat tema Gelora Kebangsaan Indonesia berkepribadian dalam kebudayaan saat mendaftarkan bacalegnya ke KPU Jawa Barat.

"Kami berjalan kaki jaraknya tidak jauh tidak lebih satu kilo, kami masih kuat dan kami diiringi kesenian Sunda yaitu rampak kendang ini wujud budaya Indonesia budaya Sunda," kata Ono Surono. Ono mengatakan PPD PDIP Jawa Barat menyerahkan 120 nama bacaleg sesuai dengan aturan KPU dan keterwakilan 30 persen perempuan juga turut terpenuhi.

Ono menuturkan, saat ini ratusan nama yang diserahkan masih sebagai bakal calon dan artinya, PDIP masih menunggu untuk penetapan calon tetap dari KPU.

"Kami siapkan 120 orang bakal calon terdiri dari 77 laki-laki dan 43 perempuan kita telah memenuhi kuota perempuan lebih dari 30 persen. PDIP perjuangan bakal betul mengikuti arahan KPU. Kami ucapkan Terima kasih hatur nuhun,'" katanya.

Ono menargetkan, PDIP Jawa Barat bisa mendulang kesuksesan pada Pileg 2019, di mana raihan kursi bisa mencapai 20 sehingga, pada Pileg kali ini PDIP Jabar diharapkannya bisa menang kembali.

"Targetnya ya sebanyak-banyaknya. Jadi partai pemenang lagi. Pokoknya target PDI Perjuangan menang di Jabar," katanya.(Ant)