Universal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. Menurut informasi, UHc akan di mulai pendataannya sekitar Minggu kedua bulan Juni dan sekaligus memastikan masyarakat yang rentan miskin dan miskin yang belum memiliki jaminan kesehatan (BPJs) di cover menyeluruh.
Foto : Indikator UHC


"Nah dampak diberlakukan UHC ini, maka hilang jaminan Karawang Sehat, karena semua akan di cover BPJS Kesehatan. Sekarang saja sudah mulai pendataan bagi guru ngaji dan marbot masuk ke jaminan kesehatan itu, nanti terus menyusul masyarakat lainpun akan di cover. Tapi kita fokus pada warga miskin dan rentan miskin yang sudah sakit-sakitan, insha Allah menurut informasi pendataan nanti juknisnya terbit sekitar Minggu kedua bulan Juni ini, " Ungkap Ketua TKSK Kecamatan Tempuran, Leo Fitriana, Selasa (30/5/2023).

Dari sekarang, sebut Leo, diharapkan para Kades bersiap mendata membantu bersama untuk kemudian berkoordinasi dengan operator SIKNG maupun PSM, karena harus menginput nomor NIK KTP dan KK calon sasaran dengan kriteria miskin dan rentan miskin. 

"Kalau di berlakukannya UHC ini gak hapal, apakah mungkin tahun depan, sebab kuota Jaminan Karawang Sehat masih ada saat ini, " Ungkapnya. (Rd)