Breaking News
---

Lewat Eco Enzyme, Bidang TPH Dinas Pertanian Dorong Petani Kembalikan Kesuburan Tanah Sawah di Karawang

Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang, sosialisasikan teknologi pestisida nabati, agen hayati, biosaka dan bahan organik lainnya untuk mendorong kembalinya kesuburan tanah dan lahan pertanian di Karawang, Senin (10/7/2023), salah satunya cairan multi fungsi yang jadi pupuk organik cair Eco Enzyime. 
Foto : Kegiatan Sosialisasi Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang soal Kesuburan Lahan pertanian di Karawang


Dikatakan Langsung Kabid TPH Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dr drh Nani Dwi Astuti mengatakan, Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan dan tekhnologi tentang pestisida nabati, agen hayati, biosaka dan bahan organik lainnya yang bisa membantu pengembalian kesuburan tanah dengan eco enzim atau pupuk organik lainnya. Ini adalah dalam rangka menjaga produksi padi di karawang yang perlu dijaga kesuburan sawahnya, maka dari sebut Nani, perlu adanya bimtek pengembalian kesuburan tanah, salah satunya adalah menggunakan bahan organik.

"Selain itu juga, kegiatan ini ikut memberikan kesadaran kepada petani utk kembali ke alam, yaitu selamatkan alam, jaga kesuburan tanah dengan bahan organik, dengan materi bahasan yang menghadirkan pakar bidangnya soal pupuk nabati dan biosaka dari BBOPT," Ungkapnya.


Pendiri Huma Eco Enzyme Karawang, Siti Komalaningsih mengatakan, pihaknya dari Huma Eco Enzyme sangat berterima kasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang melalui Kabid TPH, karena telah memberi ruang untuk mensosialisasikan cara membuat dan manfaat eco enzyme di bidang pertanian. Dengan mengetahui manfaat eco enzyme ini, sebut Nining, diharapkan para petani mau memulai mengolah bahan organik (sisa buah dan sayur) di rumahnya menjadi eco enzyme, kemudian mengaplikasikan pada lahan sawah. Apalagi saat ini, pemerintah telah mengatur pembatasan dalam penggunaan pupuk kimia. Maka dengan aplikasi eco enzyme pada lahan pertanian sebutnya, diharapkan dapat memperbaiki ekosistem persawahan dan dapat membantu petani mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia.

"Kami haturkan terimakasih telah memberi ruang untuk mensosialisasikan eco enzyme ini di bidang pertanian sekaligus memberikan peranan penting soal harus kembalinya pada pupuk organik untuk mengembalikan kesuburan tanah, " Pungkasnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan