Sebanyak 40 siswa kelas 5 dan 6 SDN Karawang Wetan 1 dan juga siswa SDN Warungbambu 1 Kecamatan Karawang Timur, terima sosialisasi kesiapsiagaan bencana dari Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Karawang, Rabu kemarin (25/7/2023). Dihadiri langsung ketuanya Hj Elly Amalia Priatna, kegiatan itu di sambut antusias para siswa dan guru dan kepala sekolah karena memadukan antara teori, praktek dan game dalam sosialisasinya.
Foto : Kegiatan Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana PMI Kabupaten Karawang di SDN Karawang Wetan 1


Kepala SDN Karang Wetan 1 Hj Yeni Mulyani M.Pd mengatakan, Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana bagi kelas 5 dan 6 dengan jumlah peserta 40 orang ini, sangat di apresiasinya, karena kegiatan juga menyuguhkan Snack dan alat bermain yang di fasilitasi PMI Cabang Karawang. Lewat sosialisasi ini, diharapkan PMI dapat memberikan pengetahuan dan wawasan anak terhadap bencana. Bahkan, Pola penyampaian dari Tim PMI juga sangat menyenangkan dengan permainan-permainan sehingga anak antusias dalam mengikuti pelatihannya.

"Kami berharap siswa dapat memiliki ketrampilan dalam menghadapi bencana alam dan buatan untuk melindungi dirinya sejak dini, " Ungkapnya.

Sementara itu Ketua PMI Cabang Karawang Eli Amalia Priyatna mengatakan, dua SD yang menjadi sasaran sosialisasi kesiapsiagaan adalah siswa di SDN Warung Bambu 1
dan SDN Karawang Wetan 1. Pihaknya yang membuka langsung acara bersama pengurus dan staff serta kepala sekolah, menghadirkan langsung 40 siswa masing-masing sekolah sebagai peserta.
Adapun materi yang di berikan, sebut Elli adalah item Ayo Siaga Bencana dengan menjelaskan Tas Siaga bencana dan bermain Ular Tangga, sementara perlengkapan yang di bawa adalah ATK, 1 buah dadu, 1 buah permainan Ular Tangga, 1 buah tas Ayo Siaga Bencana.

"Kami juga membawa 1 unit Pick Up dan 1 Unit Ambulance. Selama kegiatan, sosialisasi ini memaparkan tentang pengertian bencana, jenis Bencana, menyelamatkan Diri dari Bencana, menyelamatkan Surat dan dokumen penting saat bencana dan Kerugian akibat bencana, " Ujarnya. (Rd)