Dengan mengusung tema bertajukan "Memajukan Masyarakat dan Mencerahkan Semesta", kepengurusan Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah periode 2023-2027 ini resmi dikukuhkan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. KH. Abdul Mu'ti M.Ed.

Foto : Pengurus Muhammadiyah Karawang


Demikian dikatakan Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Karawang, Bambang Maryono disela-sela pengukuhannya sebagai pengurus majelis dan kelembagaan pada PD Muhammadiyah Kabupaten Karawang periode 2023-2027 yang digelar di Ball Room Hotel Swiss Bell-Inn Karawang pada Minggu (13/8).

Ketua PD Muhammadiyah Karawang, Bambang Maryono menyampaikan, formatur yang dikukuhkan hari ini telah berdasarkan Musyawarah Daerah Muhammadiyah (Musyda) ke-8 yang terdiri dari PD Muhammadiyah dan 15 Pengurus Majelis.

Ia juga menyebut, bahwa saat ini pihaknya sudah menyiapkan sejumlah program kerja, yang di mana ke depannya itu akan lebih memasifkan program dakwah karena Muhammadiyah lahir dari langgar kidul di Kauman Yogyakarta dengan semangat mengaji.

"Setelah acara pengukuhan ini, kita akan bangun kantor sekretariat PDM baru di komplek gedung Muhammadiyah, bulan depan akan segera bangun kantor disana," ujarnya.

Pasca pengukuhan, ia dan jajaran pengurus telah menyiapkan beberapa rencana pengembangan untuk Muhammadiyah kedepan, yang di antaranya itu ialah pembangunan kantor, fasilitas umum, fasilitas pendidikan hingga fasilitas kesehatan lainnya. Kemudian, lanjutnya, dalam program jangka menengah ini pihaknya tengah mempersiapkan pembangunan sekolah dan rumah sakit yang bertaraf internasional.

"Kita punya titipan mandat dari kader Muhammadiyah, dalam 5 tahun ke depan, Insya Allah secara bertahap, kita sudah mempersiapkan lahan dan proses perizinannya juga sudah disiapkan untuk pembangunan sekolah serta rumah sakit," ungkapnya.

Disamping dengan sudah adanya sekolah-sekolah Muhammadiyah, ke depannya ia juga akan membangun sebuah sekolah yang bernama Muhammadiyah Boarding School dan membangun satu rumah sakit bertaraf internasional di kawasan Jalan Interchange Karawang Barat.

"Kedepan saya akan memasifkan dakwah karena muhammadiyah lahir dengan semangat mengaji. Disamping itu, saya akan menyiapkan Muhammadiyah Boarding School dan Rumah sakit karena kita ada tanah wakaf," ujar pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Karawang periode 2010-2020.

Ia membuat rencana, setelah boarding school tingkat SMP dan SMA jalan 2-3 tahun, pihaknya akan menyiapkan 1 kelas khusus internasional. Hal ini bertujuan agar siswanya lulus kelak dapat mendapatkan beasiswa Perguruan Tinggi di luar daerah atau bahkan luar negeri. "Kita akan siapkan 1 kelas untuk internasional, dimana sekolahnya nanti pake bahasa pengantarnya Arab dan Inggris," paparnya.

Selama 4 tahun periode pengurusan, pihaknya akan fokus pada pembangunan-pembangunan fasilitas. Bahkan setelah semua pembangunan berjalan, PD Muhammadiyah Karawang akan segera membangun Perguruan Tinggi bertaraf internasional yang khusus dengan menggunakan sistem hybrid.

"Jadi saat ini kita itu memiliki sejumlah amal usaha yang di mana salah satunya itu SMK Muhammadiyah yang dijuluki sebagai sekolah terbaik se-Indonesia, murid kita di sana itu ada ribuan dan alhamdulilah sudah kerjasama dengan Jepang, Jerman hingga tiap tahunnya bisa mengirimkan alumni untuk bekerja di sana. Pokoknya setelah semua pembangunan kantor sekretariat, boarding school hingga rumah sakit bertaraf internasional ini berjalan, InsyaAllah kita akan fokus bangun perguruan tinggi Muhammadiyah di Kabupaten Karawang," tutupnya.(gj/red)