Jelang mendeklarasikan diri sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) dari Anies Baswedan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, melakukan ziarah ke Makam Sunan Ampel di Surabaya, Jawa Timur. Ditemui usai ziarah, Cak Imin sapaan karibnya mengatakan kunjungannya kali ini ke Makam Sunan Ampel untuk meminta doa restu agar perjalanan karier politiknya diberi kemudahan.

"Ziarah pagi ini ke sunan ampel untuk minta restu, minta doa juga, kami berdoa kepada Allah semoga jalan perjuangan politik saya dimudahkan, diselamatkan dan disukseskan," kata Muhaimin di Makam Sunan Ampel, Sabtu, 2 September 2023.

Disebutkan Muhaimin, ia sudah dipastikan hari ini akan melakukan deklarasi sebagai pasangan Bacapres dan Bacawapres dengan Anies di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Deklarasi dijadwalkan berlangsung siang ini, Sabtu, 2 September 2023 di Hotel Majapahit, Surabaya.

"Hari ini saya diperintah oleh DPP PKB untuk tunduk tidak mementingkan diri sendiri, tetapi bersama-sama koalisi dengan partai-partai lain, Partai NasDem, untuk berpasangan dengan sahabat saya Mas Anies Baswedan," ujarnya.

Disinggung terkait persiapannya menjelang deklarasi, Muhaimin hanya meminta doa restu kepada seluruh aktivis Nahdlatul Ulama (NU) dan aktivis PKB untuk bersama-sama mensukseskan perjuangan ini.

"Yang pasti mohon doa restu, dukungan dan seluruh semangat para aktivis NU, aktivis PKB untuk bersama-sama mensukseskan perjuangan ini," tukas Cak Imin.

Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dijadwalkan bakal mendeklarasikan diri sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden hari ini, Sabtu, 2 September di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur. Segala persiapan tengah dilakukan oleh tim panitia.

Mengintip ke Ballroom Hotel Majapahit, sejumlah pekerja tengah mempersiapkan kebutuhan acara, mulai dari memasangkan banner bertuliskan "Capres-Cawapres 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar" hingga melakukan sound checking.

Deretan kursi bercover putih pun telah disusun rapi dalam ruangan tersebut, sekitar 200 kursi disiapkan pihak panitia untuk para tamu undangan. Melongok sedikit ke Jalan Tunjungan yang merupalan lokasi Hotel Majapahit terletak, sepanduk bendera Partai NasDem berjajar rapih di sepanjang jalan, seraya siap menyambut kedatangan tamu undangan.

Hingga pukul 09.30 susana sekitar hotel juga terpantau ramai-lancar, belum terlihat adanya penjagaan ketat dari pihak keamanan, maupun adanya pengerahan massa pendukung Anies-Muhaimin.

Adapun deklarasi Anies-Muhaimin dijadwalkan berlangsung pukul 14.00 WIB. Berdasarkan informasi yang diterima saat ini Anies Baswedan sedang dalam perjalanan menuju Surabaya. 

Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dijadwalkan bakal mendeklarasikan diri sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden hari ini, Sabtu 2 September 2023. Pimpinan Partai NasDem, PKB dan PKS dipastikan hadir.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah tiba di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu pagi 2 September 2023. Surya Paloh datang didampingi jajaran DPP Partai NasDem. 

Selain itu, Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi juga sudah tiba di Surabaya. Jajaran pimpinan PKB, di antaranya Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid juga telah tiba. 
Foto : Anies dan Cak Imin

Sebelumnya, PKS menyatakan tetap solid mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon presiden. Sementara PKB siap berjuang seoptimal mungkin memperjuangkan duet Anies-Cak Imin di Pilpres 2024 mendatang. 

"Solid kita dan tetap bersama Anies dan koalisi," ujar Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi. 

Adapun deklarasi Anies-Muhaimin akan digelar di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur pukul 14.00 WIB. Hotel Majapahit Surabaya dipilih menjadi lokasi deklarasi karena sejarahnya menjadi saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Hotel ini merupakan lokasi terjadinya peristiwa perobekan bendera Belanda pada 1945.

"Kita mau ambil simbol ketika bendera Belanda diturunkan sebagai heroisme arek-arek Suroboyo, tentu deklarasi ini kita berharap meski di tempat kecil tapi getarannya besar," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid.(Medcom)