Juru bicara (jubir) Anies Baswedan, Sudirman Said, memastikan berita yang memuat pernyataannya yang mengkritik Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah hoaks. Dia tidak melakukan wawancara dengan media mana pun.

Jubir Anies : Sudirman Said

"Dengan demikian berita yang memuat pernyataan saya sebagaimana di atas adalah hoaks," ujar Sudirman dalam keterangan tertulis, Sabtu, 2 September 2023.

Sudirman telah melayangkan surat protes kepada beberapa media yang memuat informasi tidak benar. Salah satunya, termuat di tempo.co.

"Sejumlah media sudah melakukannya dan mengambil tindakan sanksi internal kepada jurnalis yang menulis berita itu," jelas dia.

Sudirman tidak membeberkan secara detail informasi yang disebuat hoaks itu. Dia hanya menyebut berita tersebut diunggah dengan judul provokatif dan diksi yang amat vulgar.

Sementara itu, tempo.co telah menghapus berita yang dimaksud Sudirman. Dalam laman media tersebut termuat pernyataan sebagai berikut:

Artikel ini telah kami hapus karena kami telah salah mengutip narasumber. Mohon maaf atas kesalahan tersebut. Permintaan maaf kami juga sampaikan kepada juru bicara calon presiden Anies Baswedan, Sudirman Said, karena namanya telah kami kutip.(medcom)