Koalisi Perubahan untuk Persatuan, bila nanti memenangi Pemilu 2024, dipastikan akan melanjutkan program pemerintah yang sudah berjalan. Isu bahwa Koalisi Perubahan untuk Persatuan antiprogram pemerintah sama sekali keliru.


"Sejak awal Koalisi Perubahan (untuk Persatuan) dibentuk, kami sadar betul bahwa kami adalah bagian dari pemerintahan," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali di Jakarta, Sabtu, 2 September 2023.
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali

Ahmad Ali memastikan kata perubahan yang dinarasikan sebagai 'melahirkan yang baru dan membuang semua kebijakan lama' adalah menyesatkan. Menurut dia, narasi itu sengaja dibangun untuk menjauhkan Partai NasDem dengan pemerintah dan Presiden Joko Widodo.

Koalisi Perubahan untuk Persatuan sudah mendeklarasikan duet Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai capres dan cawapres pada Pemilu 2024. Selain Partai NasDem sebagai motor, Koalisi Perubahan untuk Persatuan disokong pula oleh Partai Kebangkitan Bangsa serta Partai Keadilan Sejahtera.

Partai Demokrat semula juga bagian dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Belakangan Demokrat hengkang karena koalisi lebih memilih Muhaimin Iskandar ketimbang Agus Harimurti sebagai cawapres untuk mendampingi Anies.(***)