Breaking News
---

Muncul Isu Anggaran Pemilu 2024 Hanya Satu Putaran

Rapat konsolidasi empat partai politik (parpol) pengusung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo rampung. Ada beberapa topik yang didiskusikan.

“Tadi (membahas) tim pemenangan pemilu (pemilihan umum), jadi tidak hanya sampai tim pemenangan pilpres (pemilihan presiden),” kata pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 13 September 2023.

Mardiono mengatakan partainya bersama PDI Perjuangan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sepakat pemilu bukan hanya soal pilpres. Tetapi, harus ada kekompakan antarpartai koalisi.

“Esensi pemilu adalah kebersamaan, jadi disimpulkan satu kata dan satu tujuan. Partai-partai yang bergabung harus solid,” tegas dia.

Mardiono menyebut dalam forum itu keempat partai menyampaikan hasil rangkuman kerja-kerja di lapangan. Termasuk, menerima arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekenoputri.

“Supaya segera lakukan aksi dan reaksi serta turun ke lapangan untuk nangis, dan senyum sama masyarakat,” tutur dia.

Megawati, lanjut dia, juga ingin seluruh partai pengusung Ganjar bergegas turun ke masyarakat. Seluruh upaya harus dilakukan dengan maksimal.

“Sama-sama mengoptimalkan yang kita kerjakan dalam pemenangan dan memberdayakan berbagai sumber daya,” jelas Mardiono.

Pertemuan itu dihadiri seluruh ketua umum parpol pengusung Ganjar. Mulai dari Megawati, Mardiono, Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat Oesman Sapta Odang (OSO), hingga Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo.

Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar, Arsjad Rasjid, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar, Andika Perkasa, serta Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar, Gatot Eddy Pramono juga hadir dalam pertemuan tersebut. Lalu, Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi, Wakil Ketua Umum Partai Hanura Benny Rhamdani, serta Wakil Ketua Umum Partai Perindo Muhammad Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang).

Kubu bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo merespons isu anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hanya untuk satu putaran. Peserta pemilu disebut tak punya kuasa menentukan hal tersebut.

“Yang menentukan satu putaran atau dua putaran rakyat Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 13 September 2023.

Hasto berkaca dari pemilu tahun-tahun sebelumnya. Pemilu 2014 dan 2019 diikuti dua pasangan calon, sehingga bisa hanya satu putaran.

Pada Pemilu 2009 juga bisa satu putaran meskipun diikuti tiga pasangan calon. Sedangkan, pada Pemilu 2004 ada lima pasangan calon dan berlangsung dua putaran.

“Sehingga dalam desain pemenangan sudah menyiapkan suatu strategi terbaik,” papar dia.

Hasto tidak memerinci strategi yang dimaksud. Namun, dia menekankan kubunya menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

“Dalam menentukan mau satu putaran atau dua putaran,” jelas dia.

Sebelumnya, pemerintah disebut belum memastikan anggaran untuk pemilu putaran kedua. Hal ini membuat resah penyelenggara pemilu dan juga anggota fraksi di DPR yang mempertanyakan keseriusan pemerintah.
Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa

Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa mengatakan anggaran untuk putaran kedua memang tidak dibahas dalam rapat bersama KPU dan Bawaslu kemarin. Namun, anggaran tersebut sudah siap dan akan diberikan saat ada kepastian terjadi putaran kedua Pemilu 2024.

"Anggarannya sudah ada. Kemarin memang banyak anggota yang tanya tentang anggaran itu juga dan sudah dijelaskan anggaran itu sudah termasuk putaran kedua. Dari awal memang disepakati pemberiannya dilakukan bertahap karena kan putaran kedua secara faktual belum terjadi," jelas Saan, Rabu, 13 September 2023.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan