Breaking News
---

Pengurus Baru Himpaudi Karawang Harus Bisa Bereskan Kesenjangan Sarana PAUD di Desa dan Kota

Sudah secara resmi terlantik Lilis Holilah sebagai Ketua PD Himpaudi Kabupaten Karawang, pada Jumat (8/9/23), pelantikan dihadiri oleh pengurus Himpaudi Jabar, pejabat Disdikpora Karawang termasuk Bupati Karawang Cellica Nurrchadiana, dan itu ternyata banyak ungkapan atau harapan dari narasumber disampaikan kepada awal media.
Foto : Pelantikan Pengurus PD Himpaudi Kabupaten Karawang

Saya berharap kepengurusan baru lebih baik dan bagus dari kepengurusan terdahulu terlebih ketua sekarang adalah seorang perempuan dan berdisplin ilmunya yang sesuai (linier). 

Diketahui, sambung Siti Juleha, seorang wali murid Himpaudi dari Karawang Barat (Karbar) yang sempatkan diri untuk menghadiri di lokasi pelantikan Lilis Holilah."Pemilik atau Pengelola ataupun pengajar di Himpaudi itu didominasi kaum perempuan. Tentunya pengurus terpilih bukan tukcing tapi segera rapihkan oleh pengurusan baru untuk di kecamatan-kecamatan yang masa baktinya telah habis pula", harapnya.

Siti ungkapkan, Himpaudi adalah lembaga pendidikan yang terfokuskan kepada bermain (tematik,red) bukan terorintasi kepada pembelajaran Caslitung. Untuk itu perlu kiranya Himpaudi Kabupaten  meluruskan dan melakukan terobosan lebih baik lagi misal bekerja sama dengan para dermawan (CSR,red) untuk melengkapi kekurangan alat-alat media bermain misal APK dalam dan luar pada sejumlah PAUD di daerah-daerah, cetusnya.

Tak hanya perlu kelengkapan alat media bermain saja yang harus dibantu dan diperhatikan untuk PAUD di pedesaan, melainkan juga digencarkan turun ke bawah atau supervisi (visitasi) ke PUAD di pedesaan karena tak dapat ditampik pada saat ini banyak kesenjangan antara PAUD yang berada di perkotaan dan di desa-desa misal tadi kurangnya alat media bermain, timpal Siti.

Dari dua masalah tadi, kurangnya alat bermain terdampak kesenjangan antara PAUD di kota dan desa, imbuhnya lagi. " Segera pula tertibkan tata kelola administrasinya mulai dari lokasi dan bangunan Himpuadi, tenaga pengajar hingga perlunya penertiban NUPTK bagi guru-guru agar jelas statusnya terlebih Dapodiknya pun harus dibenahi.

Pembenahan Dapodik tidaklah mudah terlebih masihnya banyaknya OPS merangkap jabatan termasuk masih ada yang bekerja pada bidang usaha lain dan tidak ada keterkaitannya dengan PUAD, hal tersbeut akan berdampak buruk updatenya pada dapodik PAUD tertentu, dan permasalahan kekininan ini sangat perlu direvisi tata kelolanya.

Tata kelola oleh pengurus lama sudah baik dan bagus tapi harus lebih baik dan eksekutif lagi karena sudah ada ketua baru, ulasnya pula. " 

Mengapa demikain, sambung Siti, ketua sekarang adalah perempuan dijamin akan lebih bisa mendekatkan diri dengan pengelola PAUD yang didominasi perempuan dan, yang kedua ketua baru itu sesuai disiplin ilmu dan keterkaitan dinasnya, tandas Siti Juleha yang merupakan pengusaha kuliner tersebut.

Pokonya pengurus baru harus lebih Motekar dina gawe jeng teu hese diajak lempang. Dan saya minta kepada pengurus baru jangan hendak menjadi raja atau ratu bila turun visit. Adanya pengurus itu karena ada pengelola para PAUD yang memilihnya jadi harus mawas diri, empati dan simpati demi keberhasilan lembaga. "Jangan karena pengelola manut lantas berbuat semuanya", pungkas dia.

Sebagai bahan informasi: HIMPAUDI adalah suatu organisasi independen yang menghimpun unsur pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini. Pendidik anak usia dini adalah tenaga yang berperan menjadi panutan, pembimbing, pengasuh dan fasilitator bagi anak usia dini.

Untuk pendidik PAUD, HIMPAUDI menjadi salah satu organisasi profesi yang bisa diikuti. Ia bertujuan menghimpun aspirasi dan meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia. Banyak sekali manfaat saat guru PAUD terlibat aktif dalam organisasi profesi HIMPAUDI. Karena organisasi ini memiliki fungsi (Pasal 10 Anggaran Dasar HIMPAUDI), diantaranya HIMPAUDI berfungsi sebagai wadah untuk mempersatukan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini juga meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini serta memperjuangkan peningkatan kesejahteraan dan perlindungan bagi pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini (ayu/red).
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan