Breaking News
---

Hasil Tes Kesehatan Akan Diumumkan 27 Oktober, ​KPU Pastikan Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 Diselenggarakan

Hari ini merupakan hari terakhir pemeriksaan kesehatan bagi pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Hal tersebut disampaikan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari. 

“Hari ini adalah hari terakhir untuk pemeriksaan kesehatan bagi bakal Paslon presiden bapak Prabowo Subianto dan bakal cawapres mas Gibran. Bagaimana kami sampaikan kemarin, peserta Pemilu 2019 untuk pemilu anggota DPR RI yang mendapatkan kursi memperoleh suara semuanya sudah menggunakan kesempatannya,” kata Hasyim Asy’ari kepada wartawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023). 

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, hasil dari rangkaian pemeriksaan yang telah dilakukan ke tiga bakal paslon akan disampaikan pada Jumat (27/10/2023) pukul 14.00 WIB. Hasil akan disampaikan oleh tim pemeriksa kesehatan RSPAD Gatot Subroto kepada KPU.

“Sama dengan dua paslon sebelumnya, standar pemeriksaan dan alat pemeriksa semua sama. Dengan demikian, Hasyim menegaskan hasilnya juga akan standar dan pemeriksaan akan berlangsung 8-10 jam,” ujar Hasyim. 

Perlu diketahui, Bacapres Prabowo Subianto dan Bawacapres Gibran Rakabuming Raka melakukan tes kesehatan pada Kamis (26/10/2023). Keduanya datang ke Rumah Sakit Pusat Angkatan (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat sekitar pukul 06.59 WIB. 

Prabowo dan Gibran hadir menggunakan pakaian senada, kemeja jeans dan celana hitam. Gibran ditemani oleh sang istri, Selvi Ananda.

KPU RI juga buka suara, terkait isu debat capres-cawapres Pilpres 2024 yang dikabarkan ditiadakan. KPU menekankan, debat capres-cawapres akan digelar lembaganya dalam kontestasi pilpres mendatang.

"Insyaallah tetap ada kampanye. Dengan metode debat capres-cawapres," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Hasyim pun menyinggung, Pasal 277 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Yakni, debat capres-cawapres akan dilakukan sebanyak lima kali.

"Dalam lima kali debat itu, para capres akan berdebat sebanyak tiga kali. Dan cawapres berdebat sebanyak dua kali," ucap Hasyim.

Namun, sejauh ini, Hasyim mengaku, KPU belum menyusun jadwal debat capres-cawapres. Alasannya, KPU belum menetapkan pasangan capres-cawapres yang bertarung di Pilpres 2024.

"Nanti kita bahas dulu, kalau sudah ada kepastian tentang pasangan calon peserta pemilu presiden-wakil presidennya. nanti KPU akan membahas secara internal dan kemudian akan membicarakan dengan tim," ujar Hasyim.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan