Breaking News
---

Presisi Polri Diwilayah Hukum Polres Karawang Terdampak Positip Dunia Pendidikan, Ini Fakta dan Datanya

Jauh -jauh hari saat melakukan kunjung kerja (Kunker) di Mapolsek Karawang kota, Kapolres Karawang tegaskan bahwa pihaknya tak akan segan untuk mendatangi sekolah guna tekan permasalahan kenakalan remaja berupa tawauran pelajar atau sejenisnya.

Kapolsek Telukjambe Timur hadir di tengah-tengah siswa SDN Wadas III


Tujuan utama mendatangi ke sekolah adalah untuk Binluh atau melakukan himbauan, kata AKBP Wirdhanto Hadicaksono, pada waktu itu. (19/8/23).


Tak lama waktu berselang, (Senin,28 Agustus 2023), Kapolres Karawang penuhi ucapannya dengan mendatangi SMKN I Karawang, dan AKBP Wirdhanto Hadicaksono saat Binluh tegas-tegas bahwa semua peserta didik wajib menghindari kriminalitas jalanan.


Dan pekan lalu, Kasat Binmas Polres AKP Iis Puspita juga berikan kuliah umum di Politehnik Kelautan dan Perikanan Karawang dengan tujuan dan maksud yang sama selain himbuan dan sosilisasi.


Hari ini terpantau Kompol Suherman melakukan silahturami ke SDN Wadas 3, yang berlokasi sekitar Perumahan Karaba Indah, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang.(16/10/23).

Foto : Dialog Langsung siswa dan Kapolsek Telukjambe Timur

Diketahui, SDN Wadas III adalah sekolah yang berakredtiasi A dan pada saat sekarang Kepala Sekolahnya di jabat Sugiharti,SP.d.


SDN Wadas III memiliki jumlah siswa sebanyak 421 orang dengan rincian siswa perempuan sebanyak 206 orang dan lelaki sebanyak 215 orang, dan tenaga guru sebanyak 13 orang perempuan dan 3 orang lelaki.


Kepala Sekolah Sugiharti atau lebih di kenal dengan sebutan "Bu Ugih" ungkapkan, pihaknya merasa bangga dengan kedatangan Kapolsek Telukjambe Timur bareng jajarannya yang bersilahturami ke sekolah pagi tadi. (16/10/23).


Ia mengaku sangat bangga, suka dan bahagia, bahkan para rekan guru dan anak-anak (siswa,red) terlihat senang banget dengan kehadiran pak Kapolsek Suherman. Asli, saya tak menduga banget tapi memang kehadiranya sangat ditunggu di sini, ucapnya sambil senyum.


Foto bersama Kapolsek ,kasek dan dewan guru di SDN Wadas III

Sugiharti akui kerap melihat peristiwa-peristiwa bullying atau hal yang kurang pantas terjadi atau dilakukan oleh seorang peserta didik seperti terberitakan dalam media masa seperti di televisi, cetak hingga online.


Atas dasar itu, saya berinisiatif berkomunikasi dengan pak Kapolsek dengan harapan program sambang warga atau silahturami para Bhayangkara dari Polres Karawang sampai juga ke sekolah Wadas III. Alhmadulillah dan terima kasih banget atas Binluh, himbauan juga sosilisasi dilakukan pak Kapolsek yang langsung ke peserta didik. Dan kami haru melihatnya ketika anak-anak didik kami bisa berfoto bersama, bahkan saat diajak berdialog aktif dengan Pak Kapolsek, dikejadian tadi kami merasa berbesar hati dan merasa terayomi juga terbantu, ungkap Sugiharti.


Kembali Sugiharti mengungkapkan rasa kemirisannya bersama rekan guru di SDN Wadas III terkait maraknya masalah kekinian yang lagi viral di lingkungan seperti di berita-berita di media masa secara nasional.


Kemudian ucapnya, dengan penyampaian langsung tadi oleh pak Kapolsek, artinya pihak kami sudah berupaya maksimal demi pencegahan terhadap perstiwa-pertiswa yang tak diharapkan seperti kejadian di tempat-tempat lain untuk tidak terjadi bahkan jangan sampai ada di Wadas III, harapnya.


Foto : Saat berdialog Kapolsek dan kasek Wadas III

Pengaruh era teknologi sangat sulit dibendung sedangkan sikap meniru oleh anak-anak pada zaman kekinian Subhanallah, katanya lirih.


Saat dikonpirmasi, Kapolsek Telujambe Timur membenarkan pihaknya telah mengunjungi sekolah SDN Wadas III dalam rangka penuhi undangan silahturhami dan menjalankan Binluh, sosialisasi serta himbuan seperti pada umumnya yang telah dilaksanakan oleh semua jajaran Mapolsek Telukjambae Timur ke sekolah-sekolah lainnya.


Kompol Suherman juga mengakui dirinya diundang secara khusus oleh Kasek Sugiharti.


Ini satu bukti kehadiran pihak kepolisan dibutuhkan dan disisi lain ini jawaban dari suksesnya program Presisi Polri yang  sudah terdampak positip di Karawang khsusnya di Telukjambe Timur, jelasnya.


Diketahui bersama, Presisi Polri merupakan slogan baru Polri yang digaungkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Arti Presisi Polri berkaitan dengan konsep transformasi layanan polri yang lebih terintegrasi, transparan, dan cepat.


Dikatakan Suherman, Presisi berkonsep prediktif dalam presisi berfokus pada kemampuan pendekatan pemolisian prediktif (predictive policing).

Melalui pendekatan ini, semua petugas Bhayangkara diharapkan mampu menakar tingkat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menggunakan hasil analisis berbasis pengetahuan, data, dan metode yang tepat. Jadi, pencegahan masalah tidak hanya cepat tanggap tetapi juga tepat sasaran.
Sambung Suherman, konsep responsibilitas dimaknai sebagai rasa tanggung jawab yang diwujudkan dalam ucapan dan tingkah laku polisi selama bertugas. Sedangkan konsep transparansi berkeadilan mencerminkan pembuktian dari prinsip sistem yang terbuka dan siap untuk diawasi. Dan berkaitan kehadiran pihak kami tadi di SDN Wadas III itu bagian dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, pungkasnya. (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan