Breaking News
---

Seminggu Dibersihkan, Pantai Loji Kembali Didatangi Sampah

Pasca dibersihkan selama satu pekan kemarin, Pantai Loji di Desa Sangwarayan Kecamatan Simpenen kembali dipenuhi sampah. Namun kali ini sampah yang berserakan merupakan jenis limbah plastik. Bupati Sukabumi Marwan Hamami pun heran padahal pada minggu lalu tim gabungan sudah bekerja keras untuk membersihkan pesisir Pangai Loji. Bahkan gunungan sampah kain yang sebelumnya menggunung bisa dibersihkan berkat gotong royong dan melibatkan alat berat. Pihaknya akan terus menelusuri darimana sampah tersebut berasal. 

Foto : Tumpukan sampah

Pemkab Sukabumi pun telah meminta pihak perusahaan yang berada di kawasan pantai hingga nelayan untuk turut berperan aktif memonitor darimana asal sampah tersebut hingga menumpuk di Pantai Sangrawayang.

"Saya meninjau lokasi tersebut pada Minggu sampah kembali berserakan, padahal pada Sabtu sampah sudah berhasil dibersihkan. Sampah yang awalnya mayoritas sampah kain dan kita susuri sungai yang menjadi beban pencemar agar mengerahui sampah kain berasal dari mana, lalu kita lihat setelah pantai bersih kemarin sekarang Pantai Sangrawayang penuh dengan sampah plastik," ungkap Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Senin (9/10/223).

Sebelumnya Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan pantai masih rendah. Karena masih banyak ditemui masyarakat ataupun oknum yang membuang sampah ke laut.  Bey juga meminta agar permasalahan sampah ini harus dicek mulai dari hulu aliran sungai yang bisa menjadi penyebab penyebab tumpukan sampah. Sementara Pemerintah Daerah juga diminta lebih masif melakukan edukasi kepada masyarakat, agar permasalahan sampah dapat terselesaikan dengan solusi yang konkrit

"Terakhir Pak Dandim, bulan Juni sampai Juli, (sampah Pantai Cibutun) dibersihkan, sekarang sudah ada lagi setinggi ini. Artinya, tetap kesadaran kita untuk membuang limbah, limbah sampah itu masih sangat rendah. Jadi hanya ingin gampangnya, dibuang ke sungai, dibuang ke laut," tuturnya.

Forkopimda Kabupaten Sukabumi pun sebelumnya telah melakukan susur sungai Cimandiri yang merupakan hulu dari aliran pantai Loji.  Bupati Sukabumi Marwan Hamami menduga berubahnya jenis sampah ini dipicu adanya intensitas hujan di wilayah utara yang membuat sampah rumah tangga dan lainnya terbawa ke pesisir.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan