KPU RI memastikan, dokter RSPAD Gatot Soebroto yang memeriksa bacapres-bacawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD (GAMA), sama dengan Anies Baswedan-Muhaimin (AMIN). Bahkan, durasi waktu pemeriksaan kesehatannya juga sama, yakni 8-10 jam.

Tes Kesehatan Ganjar-Mahfud, KPU: Metode Pemeriksaanya Sama

"Hari pertama pemeriksaan kesehatan, durasinya kurang lebih sama, substansi diperiksa juga sama. Metode yang akan digunakan untuk memeriksa juga sama dan tim dokter pemeriksa juga sama," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari saat ditemui awak media di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Hasyim menjelaskan, Paslon GAMA menjalani pemeriksaan di hari kedua sesuai jadwal. Karena, Ganjar-Mahfud mendaftarkan sebagai peserta Pilpres 2024 kedua, setelah Anies-Muhaimin.

"Kesempatan yang kedua untuk pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon yang beberapa hari yang lalu, 19 Oktober 2023. Hadir pada kesempatan kedua didaftarkan oleh KPU oleh gabungan parpol, yaitu Ganjar-Mahfud," ucap Hasyim.

Pihak RSPAD Gatot Soebroto memastikan, melaporkan hasil pemeriksaan kesehatan seluruh paslon bacapres-bacawapres Pemilu 2024 kepada KPU RI. Laporan tersebut diserahkan kepada KPU, jika seluruh proses medical check up sudah rampung.

"Hasil pemeriksaan secara kolektif. Kami sampaikan kepada KPU RI setelah seluruh pasangan calon melaksanakan pemeriksaan," kata Kepala RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistya saat melakukan konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Sebanyak 50 dokter, diaku Budi, disiapkan RSPAD untuk memeriksa kesehatan Bacapres-Bacawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD (GAMA). Dari puluhan dokter itu, salah satu diantaranya adalah ahli psikologi.

"Melibatkan 50 orang dokter dengan berbagai latar belakang spesialisasinya. Aerta psikolog ada dua orang yang juga involved dalam tim ini," ucap Budi.

Paslon GAMA menegaskan, sudah mempersiapkan diri menjalani medical check up di RSPAD, hari ini. Tiba lebih dulu di RSPAD sekitar pukul 07.03 WIB, yakni Mahfud dengan menggunakan baju batik.

Mahfud menegaskan, kondisi siap 100 persen jalani pemeriksaan kesehatan. "Siap...siap," ujar Mahfud kepada awak media yang sudah menunggunya sejak pagi di RSPAD.

Jelang beberapa menit, Ganjar didampingi sang istri Siti Atikoh tiba di RSPAD pukul 07.06 WIB. Ganjar datang mengenakan baju polo berwarna putih dan celana hitam.

Ia lantas memasuki ruang medical check up untuk berganti pakaian. Ganjar tampak tersenyum kepada awak media.(*)