Breaking News
---

Warga Keluhkan Air Hitam dan Berbau, Ini Jawaban PDAM Karawang

Kasus air menghitam dan berbau yang terjadi di Perumnas Blok F, Kecamatan Telukjambe Timur disebabkan oleh adanya pencucian pipa. 
Foto : Pipa PDAM Karawang

Ditemukan kasus air di warga Perumnas Blok F, Kecamatan Telukjambe Timur menjadi hitam dan berbau. Humas PDAM, Ali menjelaskan hal ini disebabkan oleh usia pipa dan instalansi yang telah usang. Saat ini PDAM sedang melakukan perbaikan untuk pipa tersebut. 

"Kita sudah memberitahu kepada pelanggan ketika terjadi masalah dengan air untuk dapat melaporkan yang disertai nomor pelanggan. Kasus yang di Kecamatan Telukjambe itu dikarenakan kondisi pipa dan instalansi yang sudah tua sekarang dilakukan perbaikan supaya tidak terjadi lagi," ujarnya Kamis (19/10)

Penyebab lainnya dikarenakan adanya pencucian pipa. Akibat dari itu, kotoran yang ada di dalam pipa menjadi tersalur ke rumah masyarakat. Ia menyebutkan hingga sekarang jumlah konsumen PDAM sebanyak 18 ribu jiwa. 

"Jumlah konsumen kita sekarang ada 18 ribu. Kasus yang viral sekarang sedang kita upaya kan untuk diperbaiki. Lokasinya di Perumnas blok F itu karena ada pencucian pipa, karena pipa sedang di cuci jadi kotoran dari pipa terbawa sampai ke konsumen," tambahnya. 

Ia menjelaskan untuk pergantian pipa berdasarkan di jenis pipa yang digunakan. Pipa plastik dapat diganti setiap 30 hingga 40 tahun. Saat ini usia pipa yang terdapat di lokasi itu telah mencapai 20 tahun. 

"Sementara kejadian yang seperti itu hanya ada di Kecamatan Telukjambe, kondisi pipa yang sudah lama memang ada di Telukjambe saja. Usia pipa ini sudah 20 tahun, kalau untuk pipa plastik bisa sampai 30 hingga 40 tahun kalau pipa besi berbeda-beda pergantian pipanya," tutupnya. 

Ia menghimbau kepada masyarakat ketika mengalami keluhan maka segera melakukan pelaporan di akun resmi PDAM. Pelaporan dapat disertai dengan nomor pelanggan dan menyebutkan jenis keluhan. 

"Kalau memang ada keluhan bisa disampaikan melalui akun resmi, disebutkan pula nomor pelanggan dan keluhannya. Sampai akhir tahun kita memang sedang melakukan perbaikan pipa air. Mudah-mudahan akhir tahun nanti semua pipa sudah benar semua, kita perbaiki pipa setiap satu kilometer," tutupnya.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan