Breaking News
---

Apindo Tantang Capres-Cawapres Kembangkan Ekonomi Digital

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menantang pasangan capres dan cawapres dalam pemilu 2024 dalam mengembangkan ekonomi digital di Indonesia. Mengingat Indonesia memiliki modal dan potensi yang besar untuk mengembangkan ekonomi digital sebagai kekuatan ekonomi baru.

Apindo Tantang Capres-Cawapres Kembangkan Ekonomi Digital
Apindo Tantang Capres-Cawapres Kembangkan Ekonomi Digital

"Hal ini sejalan dengan visi Apindo untuk mewujudkan iklim usaha yang kondusif dan berkelanjutan untuk penciptaan lapangan kerja. Arah pengembangan ekonomi digital harus inovatif dan adil serta mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi digital di masa depan," kata Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani dalam 'Indonesia Digital Summit' di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Apindo menyerahkan rekomendasi arah pengembangan ekonomi digital pada perwakilan pasangan capres-cawapres. Rekomendasi itu memuat tiga tantangan yang harus diatasi dalam upaya mengembangkan ekonomi digital di Indonesia.

"Tantangan pertama, iklim investasi yang dapat mendorong pertumbuhan industri dan inovasi. Menjaga kebebasan ruang gerak bisnis untuk memberikan layanan terbaik, adalah kunci untuk iklim usaha dan investasi yang sehat," ucap Shinta Kamdani.

Terkait hal tersebut, ia menegaskan, pemerintah harus bisa memberikan perlindungan yang wajar bagi pelaku usaha. Terutama dalam menentukan harga, margin, promosi serta dalam menentukan strategi bisnis lainnya.

"Tantangan kedua, kerangka regulasi yang supportif, untuk memberikan kepastian hukum. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan para investor dalam berinvestasi utamanya di sektor infrastruktur teknologi," ujar Shinta.

Tantangan ketiga, ketersediaan tenaga ahli digital untuk membangun Indonesia sebagai digital talent hub (pusat talenta digital). Untuk itu pemerintah dan swasta harus melakukan up-skilling dan re-skilling digital bagi populasi yang lebih luas.

"Rekomendasi ini sebagai bentuk kontribusi dunia usaha bagi para calon pemimpin di masa depan. Selain itu juga sedang dipersiapkan roadmap perekonomian Apindo 2024-2029 dari hasil survei dari sekitar 2 ribu perusahaan," kata Shinta menutup penjelasannya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan