Presiden Joko Widodo meyakini investor asing segera menanamkan modalnya di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN). Hal ini seiring berjalannya waktu dan gencarnya pergerakan investor dalam negeri di sana. 

Presiden Yakin Investor Asing Bakal Segera Masuk IKN
Presiden Yakin Investor Asing Bakal Segera Masuk IKN

Kepala Negara mengakui sampai saat ini belum ada investor luar negeri yang mulai bergerak di IKN. "Tetapi saya yakin mereka akan segera masuk setelah investor lokal bergerak," katanya di San Fransisco, Kamis (16/11/2023). 

Pada kegiatan APEC CEO Summit tersebut, Presiden menyampaikan beberapa sektor yang diprioritaskan bagi investasi asing di IKN. Di antaranya sektor pendidikan, kesehatan, dan teknologi.  

Keyakinan Presiden tersebut juga didasarkan pada indikator-indikator ekonomi Indonesia yang terus membaik. Misalnya pertumbuhan ekonomi tahun depan yang diperkirakan di atas 5 persen serta angka inflasi pada level 2-3 persen.

Selain itu, lanjut Kepala Negara, yang tidak kalah penting adalah stabilitas politik. "Ini semua yang terus menerus kita sampaikan," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan pembangunan ibu kota baru itu mendapat dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal itu dibuktikan dengan dukungan 13 badan PBB seperti FAO, ILO, UNDP, UNESCO, dan UNICEF. (*)