*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Karawang Bakal Bergoyang, Cawapres Gibran Dikabarkan Akan Bermalam Mingguan di Gor Panatayudha

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, dikabarkan bakal bermalam mingguan di kota yang dikenal dengan istilah 'Goyang Karawang'. Rencananya, Gibran bersama dua artis ibu kota (Ifan Seventeen dan Ardila Putri) ini bakal 'Menggoyang' warga Karawang pada Sabtu malam, 09 Desember 2023.
Bakal 'Menggoyang' Warga Karawang, Cawapres Gibran Dikabarkan Akan Bermalam Mingguan di Gor Panatayudha Karawang


Demikian kabar tersebut dibenarkan oleh Koordinator Baraya Kang Gibran (Bakar) Karawang, Wahyu Anggara saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon selularnya di Karawang pada Sabtu (09/12) dinihari.

Wahyu menyebut bahwa dalam kegiatan tersebut, putera sulung dari Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo (Jokowi) ini diagendakan bakal bermalam mingguan di Karawang demi menyapa warga Karawang yang ada disekitaran lokasi Gor Panatayudha, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Bissmillah, InshaAllah untuk pertemuan tatap muka dengan Kang Gibran ini rencananya akan berlangsung selama kurang lebih 2 jam, mulai dari pukul 18.30 WIB sampai dengan pukul 20.30 WIB hanya di Gor Panatayudha Karawang. Yuk kita ramaikan," ujarnya.

Adapun dalam kunjungan kegiatan Cawapres nomor urut 02 yang mengusung tema 'Satnite with Pandugi' (Pantura Dukung Gibran) di Kota Pangkal Perjuangan ini, lanjut Wahyu mengatakan, rupanya bakal dimeriahkan juga oleh dua penyanyi ibu kota yang namanya sangat banyak dikenal oleh para pecinta musik di kalangan milenial yang ada di Karawang.

"Untuk kegiatan malam mingguannya Kang Gibran di Karawang, juga bakal tambah meriah dengan adanya kehadiran dua penyanyi ternama di Indonesia. Jadi nantinya kegiatan malam mingguannya Kang Gibran di Karawang ini, tentunya akan lebih meriah lagi karena kami maupun Kang Gibran juga bakal 'Menggoyang' warga Karawang dengan lantunan-lantunan lagu yang akan dinyanyikan oleh ke dua penyanyi top ibu kota seperti Ifan Seventeen dan Ardila Putri," ungkapnya.

Karenanya, kata dia menambahkan, momentum pertemuan tatap muka dengan Cawapres nomor urut 02 tersebut jangan sampai terlewatkan oleh seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Karawang. Sebab, sambungnya, momentum itu juga bisa dijadikan sebagai landasan oleh masyarakat untuk mengenal lebih dekat lagi dengan pria kelahiran asal Kota Solo, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka.

"Dari pertemuan dengan Kang Gibran nanti malam lah, kita semua bisa mengetahui dengan lebih jelas visi-misi pencalonnya sebagai Cawapresnya Pak Prabowo Subianto. Sehingga untuk mewujudkan kemajuan Indonesia dalam menuju Indonesia Emas 2045, pasangan capres-cawapres nomor urut 02 (Prabowo-Gibran) ini harus menang, menang, dan menang di Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang," ungkapnya.

Seperti dikutip dari laman website WikiPedia.com, untuk istilah 'Goyang Karawang' ini merupakan salah satu seni tari atau tarian kesenian yang berasal dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Hal ini berawal dari Karawang yang dikenal sebagai daerah lumbung padi, sehingga pada zaman dahulu kala dalam proses pengolahan padinya itu masih begitu tradisional dengan tenaga manusia.

Proses penumbukan atau pengolahannya ini memang biasa dilakukan oleh kalangan perempuan, baik yang masih belia maupun dewasa. Namun saat padi diproses oleh kalangan perempuan ini, selalu ada gerakan-gerakan yang menyerupai seperti goyangan ketika menumbuknya. Bahkan ada juga gerakan seperti sedang bergoyang ketika beras terpisah dari gabah yang belum tertumbuk.(*)