*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Debat Cawapres, Mahfud MD Siapkan Isu Pupuk

Persoalan pupuk bakal menjadi senjata pamungkas Mahfud MD pada debat calon wakil presiden (cawapres) kedua 21 Januari 2024. Pasalnya, menurut calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo penyubur tanaman itu menjadi permasalahan serius di Indonesia.

Foto : Mahfud MD


"Besok debatnya Pak Mahfud saya kira pas ya. Mungkin di seluruh tempat di Indonesia yang kita kunjungi pupuk menjadi persoalan serius ya," ujar Ganjar Pranowo, Kamis (18/1/2024).

Ganjar mengatakan, petani mengeluhkan kurangnya subsidi pupuk. "Satu, kurang (pupuk, Red), ini disampaikan petani dari sekian komoditas, sekarang hanya sedikit yang diberikan subsidi dan ternyata dari sedikit diberikan subsidi itu pun kurang," ucapnya.

Ganjar mengaku, petani banyak berbincang dengan petani soal kesetaraan pangan dan produktifitas. Dia menilai hal itu akan menjadi inspirasi dalam sebuah materi perdebatan Mahfud nanti.

"Pertanyaan mereka adalah bagaimana nasibnya kalau kita bicara soal kesetaraan pangan dan produktifitas. Saya kira petani jadi penting, saya banyak inspirasi dari para petani, agar besok dimasukkan dalam sebuah materi perdebatan," tuturnya.
Foto : Ganjar dan Mahfud MD

Jika berbicara soal ketahanan pangan, lanjutnya, salah satu yang dibicarakan dalam debat yakni soal politik pupuk. Kemudian UMKM hingga pekerja migran.

"Kalau kita bicara ketahanan pangan, darurat pangan, salah satu yang kita bicarakan adalah politik pupuk ini. Kemudian berikutnya tadi ada soal UMKM, ada soal pekerja migran," kata Ganjar.(*)

Komentar0