*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Disabilitas Memiliki Kesempatan yang Sama Menjadi ASN

Diprioritaskannya formasi untuk penyandang disabilitas dalam seleksi CASN 2024 menjadi upaya pemerintah menyediakan pekerjaan secara merata bagi masyarakat. Hal tersebut dijelaskan Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah.

Foto ilustrasi

Menurutnya hal ini perlu dibarengi dengan pemetaan dan penggolongan formasi yang disesuaikan dengan keahlian penyandang disabilitas.

“Pemerintah harus memetakan terlebih dahulu mana-mana formasi yang tepat untuk penyandang disabilitas. Kementerian dan lembaga termasuk Pemerintah Daerah harus membuat semacam penggolongan, bidang mana yang dapat ditempati oleh penyandang disabilitas tersebut,” katanya.

Trubus Rahadiansyah mengatakan kesempatan ini juga perlu ditangkap oleh lembaga pendidikan untuk dapat menyiapkan para penyandang disabitas lebih siap kerja sesuai keahliannya. Ia menambahakan formasi untuk penyandang disabilitas dalam seleksi CASN 2024 juga perlu diawasi hal ini agar selama seleksi, fomasi yang tersedia dapat tepat sasaran dan diisi oleh penyandang disabilitas.(*)

Komentar0