GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Inilah Visi dan Misi Capres dalam Debat Ketiga Tentang Politik Luar Negeri

Capres Anies Baswedan menyampaikan jika terpilih, Indonesia akan jadi pelaku utama dalam konstelasi global. Hal itu disampaikan Anies dalam penyampaian visi misi debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1/2024).

Foto : Tiga Capres saat debat ketiga

"Jika kepercayaan pada kami, maka kami akan mengembalikan posisi Indonesia menjadi pelaku utama di dalam konstelasi global. Indonesia tidak hadir sebagai penonton, tetapi penentu perdamaian, kemakmuran bagi seluruh bangsa, di level global, maupun di level regional," kata Anies dalam menyampaikan visi dan misi debat, Minggu (7/1/2024).

Anies menyampaikan, bagaimana kekuatan Indonesia akan mewarnai kancah dunia. Sehingga menjadikan Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan tamu mempesona di negeri orang.

"Kami merencanakan bagaimana kekuatan Indonesia, kekuatan kebudayaan, kekuatan kesenian, kekuatan ekonomi ikut mewarnai kancak dunia. Kita ingin film kita, seniman kita, diploma kita, para dispora kita menjadi fenomena dunia, hadir mewarnai kancah dunia," ujar Anies.

Ia menegaskan, bahwa presiden akan menjadi panglima diplomasi Indonesia. Bukan hanya hadir dalam forum, namun serius memperjuangkan amanat, termasuk menghapus penjajahan di muka bumi.

"Bukan hanya statemen di muka upacara. Tapi bekerja keras untuk itu, khususnya untuk Palestina," ujar Anies.

Untuk diketahui, debat ketiga Capres akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Tiga capres akan hadir menyampaikan visi-misinya.

Lalu Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menegaskan, dirinya akan melanjutkan politik luar negeri bebas aktif atau nonblok. Sebab, menurutnya, hal itu merupakan tradisi politik luar negeri yang dianut Indonesia.

Prabowo menjelaskan, Indonesia harus berteman dengan negara manapun untuk menjaga perdamaian dunia. "Seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak," kata Prabowo dalam paparan visi dan misi dalam debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Meski demikian, ia menginginkan Indonesia tetap memiliki pertahanan yang kuat. Sebab, jika memiliki ketahanan yang kuat, maka kepentingan dan sumber daya nasional akan terjaga dengan baik.

"Kita harus menjaga kekayaan negara. Habis itu kita harus mengelola kekayaan kita," ujar Prabowo.

Debat ini mempertemukan tiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Debat capres ini mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan luar negeri.

Selanjunya Cawapres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan, politik luar negeri merupakan alat kepentingan nasional. Menurutnya, negosiasi harus diutamakan dalam politik bebas aktif saat ini.

"Indonesia selalu setia tentang kesepakatan dan kolonisasi yang dilakukan mendorong dan meyakinkan kita semua untuk membebaskan seluruh bangsa. Tanpa boleh mengintervensi satu dengan lain, inilah kita juga dukung kemerdekaan palestina terus menerus," kata Ganjar dalam sambutan visi-misi di acara debat ketiga capres-cawapres Pilpres 2024, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Jika semua itu dijalankan dengan baik, Ganjar meyakini, bisa berdampak krisis iklim terselesaikan. Karena itu, lanjutnya, pola-pola diplomasi dalam pertemuan luar negeri harus menggunalan pola kekinian.

"Atau perlu kita bawa kepentingan UMKM ke dunia internasional seperti praktek yang kita lakukan di Jateng (Jawa Tengah). Sistem pertahanan, kita harus betul-betul berlapis dan kita jadikan benteng pertahanan nusantara sebagai sebuah kesatuan," ucap Ganjar.

Ganjar menekankan, pentingnya penataan gelar pasukan. Terlebih, IKN pusat (bakal menjadi) gravitasi baru dan ini bagian antisipasi tarung gravitasi antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

"Maka itulah, pertahanan kita untuk masuk wilayah 5.0 dengan teknologi sakti, rudal hipersonik. Senjata cyber dan sensor kuantum dan sistem senjata kuantum," ujar Ganjar.

Sementara Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari bersyukur dalam sambutnya , merasa senang, debat ketiga capres-cawapres Pilpres 2024 bisa diselenggarakan kembali. Debat ketiga untuk capres ini mengangkat tema pertahanan, kemanan, hubungan internasional hingga geopolitik."Selamat datang, selamat mengikuti dan menyimak dalam debat capres 2024. Untuk tema pertahanan keamanan hubungan internasional, globalisasi dan geopolitik," kata Hasyim dalam sambutannya di acara debat ketiga capres-cawapres Pilpres 2024, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Hasyim mengimbau, masyarakat menyaksikan debat ketiga capres-cawapres. Karena, isu yang diangkat kali ini sangat krusial, karena membahas pertahanan negara."Pada kesempatan nanti akan berdebat adalah masing-masing capres. Mari kita sama-sama menyaksikan bersungguh-sungguh untuk menjadi bahan pertimbangan dalam tema yang menjadi perdebatan," ucap Hasyim.

Tidak lupa, Hasyim mengucap terima kasih, kepada 11 panelis debat ketiga capres-cawapres. Karena, telah menyusun 18 pertanyaan soal pertahanan, kemanan, hingga geopolitik."Mengucapkan terima kasih kepada para panelia, yang ikut menyusun pertanyaan pada debat kali ini. Kami juga mengucapkan kepada TV penyelenggara dan moderator yang akan memimpin jalannya debat hari ini," ujar Hasyim.

(*)

Komentar0