*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

KPK Gelar Rakor Gagasan Antikorupsi Tiga Pasang Capres-Cawapres

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan rapat koordinasi teknis terkait komitmen antikorupsi dari tiga pasang calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres). Kegiatan ini akan berlangsung di Gedung ACLC KPK, Rabu (10/1/2024).

Foto : Gedung KPK

"Benar, hari ini kami mengundang perwakilan dari ketiga paslon untuk rapat kortek di Gedung Pusat edukasi antikorupsi KPK pukul 14.00 WIB. Rapat terkait persiapan kegiatan penguatan antikorupsi atau yang dikenal dengan PAKU Integritas, khusus bagi paslon capres dan cawapres yang kami agendakan pada pekan depan 17 Januari 2024," kata Pelaksana tugas (Plt) juru bicara pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding, Rabu (10/1/2024).

Menurutnya, ketiga perwakilan paslon telah mengkonfirmasi akan hadir dalam undangan tersebut. "Informasi yang kami terima, perwakilan dari ketiga paslon telah konfirmasi akan hadir," katanya.

Tiga pasang capres-cawapres dipastikan akan menghadiri undangan yang diberikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diketahui, lembaga antirasuah itu mengundang tiga pasangan capres dan cawapres ke Gedung Merah Putih untuk menyampaikan komitmen pemberantasan korupsi.

"Pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah mengonfirmasi nanti akan hadir. Informasi yang kami peroleh, yang kami undang dimaksud hadir," kata Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Selasa (9/1/2024).

Menurutnya, undangan terhadap tiga pasangan capres-cawapres ini bertujuan untuk melihat komitmen mereka dalam upaya pemberantasan korupsi. Khususnya dalam sisi pencegahan dan penindakan korupsi.

"Tentu nanti masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden menyampaikan komitmennya terkait dengan pemberantasan korupsi. Kemudian diakhiri penandatanganan pakta integritas dalam rangka pemberantasan korupsi," katanya, menjelaskan.

Hal itu bersinergi dengan kampanye yang tengah digalakkan KPK, yakni Hajar Serangan Fajar. Selain mengundang tiga capres-cawapres, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) juga turut hadir.

"Ini membangun komitmen bersama. Di mana masing-masing berkesempatan menyampaikan komitmennya dan hadir juga dari KPU dan Bawaslu," ujar Ali.

Komentar0