GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Menkopolhukam akan Mundur, Bertemu Presiden Jokowi 1 Februari

Menko Polhukam Mahfud MD berencana bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (1/2/2024). Mahfud memutuskan mundur dari Kabinet Indonesia Maju dan akan menyampaikan surat pengunduran diri secara langsung.

Menkopolhukam akan Mundur, Bertemu Presiden Jokowi 1 Februari

Seperti diberitakan sebelumnya, Mahfud adalah calon wakil presiden (cawapres) berpasangan dengan Calon Presiden Ganjar Pranowo. KPU RI telah menetapkan Paslon Pemilu 2024 itu dengan nomor urut 3, dan Mahfud masih menjabat menko polhukam.

"Saya katakan, saya memang sudah lama bersepakat dengan Pak Ganjar untuk mundur. Tapi, menununggu momentum," ujar Mahfud dalam keterangan pers di Lampung, Rabu (31/1/2024).

Menurut dia, momentum itu harus tepat dan harus dilalui dengan pembicaraan bersama semua partai pengusung Ganjar-Mahfud. "Kemudian dengan Istana juga, maka hari ini saya sudah membawa surat untuk Presiden," kata Mahfud.

"Untuk disampaikan ke Presiden langsung, tentang masa depan politik saya. Yang belakangan ini menjadi perbincangan publik."

Surat tersebut, akan disampaikanya begitu mendapat jadwal bertemu Presiden Jokowi secara langsung. "Tapi, saya bawa terus, karena memang surat ini begitu saya diberi waktu, langsung saya temui presiden," kata dia.

Dia juga menegaskan, harus menunggu momentum tepat menyampaikan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi. "Karena saya dulu diangkat dengan kehormatan dan penuh dengan kepercayaan," kata Mahfud.

Presiden Jokowi, kata dia, percaya sungguh sungguh saat mengangkatnya sebagai menteri koordinator politik, hukum, dan keamanan, tahun 2019. Sebaliknya, Mahfud juga percaya Presiden Jokowi saat memberikannya tugas sebagai menko polhukam.

"Sehingga, saya bekerja dengan hati-hati dan Inysaallah baik. Selama empat setengah tahun terakhir ini, Insyaallah baik," kata dia.

Mahfud mengatakan, akan pamit baik-baik. "Presiden ada di luar Jakarta sampai Kamis (1/2/2024), saya juga baru akan pulang sampai Jakarta, Kamis," ujar dia.

"Mudah-mudahan, secepat kami tiba di Jakarta, secepat pula kami bisa bertemu. Kenapa kami tidak boleh tinggal gelanggang colong playu?" kata dia.

"Karena etika. Etika itu adalah ekspresi dari moral, etika itu adalah ekspresi dari kejujuran. Etika itu, ekspresi dari penghayatan keagamaan dan kesantunan budaya," kata Mahfud.

Presiden Jokowi saat ini masih melakukan kunjungan kerja di Jawa Tengah. Sebelumnya, Mahfud juga telah menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Senin (29/1/2024) malam, untuk meminta waktu bertemu Presiden Jokowi.(*)


Komentar0