GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Pemerintah Diminta Buka Kuota CASN Lebih Banyak bagi Disabilitas

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kemenpan RB berencana untuk membuka lebih banyak formasi bagi para lulusan baru pada seleksi Calon Aparatur Sipil Negara CASN 2024 atau seleksi CPNS-PPPK. 

Seleksi Calon CASN 2024 ini akan dibuka pemerintah untuk lulusan SMA hingga S1. Kabar ini sudah disampaikan oleh Kemenpan RB, meskipun jadwal pendaftaran 2024 dan tahapannya belum dirilis. 

Sesuai Permenpan RB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil CPNS yakni bagi pelamar umum, lulusan cumlaude, dan penyandang disabilitas. 
Foto : Dita Hundayani

Adanya penerimaan ASN bagi kaum disabilitas disambut baik oleh Ketua Yayasan Sekolah Luar Biasa SLB Pancaran Kasih Kota Cirebon Dita Hudayani. Menurutnya peluang ini merupakan kesempatan baik bagi para disabilitas yang ingin menjadi Abdi negara. Kaum disabilitas tuna rungu atau tuli kemungkinan besar bisa menjadi ASN. 

"Intelektual mereka sama dengan masyarakat umum lainnya, hanya saja cara komunikasi mereka bebeda," katanya, Jumat (12/1/2024).

Dukungan ini pun dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon Fitria Indriyani. Pihaknya mengajak kaum disabilitas untuk memanfaatkan peluang tersebut. Apalagi tidak sedikit kaum disabilitas di Cirebon sudah ada yang menjadi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon.

"Kami siap dan selalu membantu dan mengarahkan teman-teman disabilitas yang ada niatan mengikuti seleksi CASN," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang difabel asal Cirebon Okta Mellya mengaku gembira adanya kabar penerimaan ASN tahun 2024. Menurutnya Kesempatan ini harus dijadikan semangat bagi kaum disabilitas di seluruh Indonesia untuk berkeinginan bergabung menjadi Abdi Negara. Peluang ini membuktikan, bahwa pemerintah telah membuka kesetaraan bagi kaum disabilitas.

"Diharapkan penerimaan ASN tahun ini lebih banyak kuota bagi kaum disabilitas," katanya.(*)

Komentar0