GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Proses Seleksi CPNS dan PPPK Dimulai Maret 2024

Pemerintah kembali membuka seleksi penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2024. Jadwal seleksi akan dilaksanakan sebanyak tiga kali. 

Proses Seleksi CPNS dan PPPK Dimulai Maret 2024

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKN RI, Haryomo Dwi Putranto, mengatakan, seleksi CPNS 2024 bakal dilaksanakan tiga gelombang. Hal itu, kata dia, untuk mengakomodir banyaknya jumlah posisi yang akan diperebutkan nanti.

"Untuk mengakomodir formasi (CPNS) tersebut, BKN akan melaksanakan seleksi CASN 2024. Di mana seleksi akan dilakukan sebanyak tiga periode," kata Haryomo dalam keterangannya, dikutip Selasa (30/1/2024).

​Periode pertama seleksi CASN akan dilaksanakan Maret 2024 dengan pengumuman dan seleksi administratif CPNS serta seleksi kedinasan. Kemudian, rekrutmen akan dibuka pada Juni 2024, yaitu periode kedua seleksi CASN. ​

​Pada periode kedua, akan dilakukan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan tenaga PPPK dan CPNS. Sementara periode ketiga dilaksanakan pada Agustus 2024 untuk pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK.

​Rekrutmen seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan memperebutkan sebanyak 2,3 juta posisi. Seleksi tersebut akan dialokasikan untuk formasi guru dan dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. 

Rekrutmen ini menjadi terbuka untuk semua pihak, termasuk kepada lulusan baru sebanyak 690 ribu formasi CPNS 2024. Selain untuk CPNS, seleksi penerimaan juga terbuka untuk 1,6 juta formasi untuk PPPK. (*)

Komentar0