GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

TNI Tegaskan Netral di Pemilu 2024

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Nugraha Gumilar, menegaskan komitmen TNI untuk tetap menjaga netralitas, dan tidak berpolitik. Bahkan tidak ikut serta mendukung pasangan calon tertentu, dalam Pemilu 2024.

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Nugraha Gumilar menyebutkan, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan agar jajarannya netral dalam Pemilu 2024.

Pernyataan ini disampaikan Nugraha, untuk membantah tudingan sejumlah pihak, yang akhir-akhir ini terkesan menyudutkan TNI. Dikatakan TNI mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu pada Pilpres 2024.

"TNI memegang teguh Netralitas pada Pemilu 2024. Itu sudah final," ujarnya dalam keterangan tertulis, pada Senin (8/1/2024).

Menurutnya, TNI telah meluncurkan Posko Pengaduan Netralitas TNI, sejak akhir tahun 2023. Dia mengaku hal ini sesuai arahan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, bahwa netralitas TNI harga mati.

"TNI koridornya sudah jelas, bahwa Netralitas TNI harga mati. Sebagaimana yang disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, pada berbagai kesempatan," katanya.

"Perintah Panglima TNI terkait netralitas sudah sangat jelas, dan sudah disampaikan kepada seluruh prajurit. Apabila ada pelanggaran terkait pelaksanaan perintah tersebut, pasti ada sanksi yang tegas.".(*)


Komentar0