Kepala Bulog Sub Divisi Regional Tangerang, Omar Syarif mengatakan, persediaan beras jenis medium aman hingga Idulfitri. Hal itu berbeda dengan beras jenis premium yang mengalami peningkatan.

"Bila beras dipasaran jenisnya premium mengalami lonjakan harga bukan kendali Bulog. Karena, Bulog hanga beras jenis medium, harganya pun tidak mengalami kenaikan masih Rp10.900/kilogram," kata Omar dalam keterangannya, Rabu (20/2/2024).

Dia memastikan, stok beras jenis medium sekitar 17 ribu ton tersedia pada gudang Bulog Tangerang. Jumlah tersebut dapat mencukupi bagi masyarakat di Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang.

"Stok beras ada dan cukup untuk Ramadan hingga Idulfitri nanti. Karena kebutuhan beras untuk masyarakat hanya mencapai 2-3 ton saja," katanya, memastikan.

Saat ini, lanjutnya, Bulog Tangerang  terus menyalurkan beras ke toko-toko yang ada di wilayahnya. Bulog juga berperan dalam acara-acara operasi pasar dengan pemerintah daerah.

Diketahui, warga dan pedagang beras di Tangerang menjerit atau mengeluh akibat merasakan harga beras berbagai jenis melejit, mengalami kenaikan tinggi.  Harga beras jenis premium kenaikannya mencapai Rp18.000/kilogram dari sebelumnya Rp16.000/kilogram.

Harga beras dengan kualitas medium juga mengalami kenaikan. Di mana harga medium yang sebelumnya Rp12.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp15.000. 

Bahkan, untuk kualitas paling rendah sekarang Rp14.000/kilogram. Di mana sebelumnya hanya Rp10.000/kilogram. ​(*)