Presiden Joko Widodo melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam di Istana Negara, Rabu (21/2/2024). Presiden juga melantik Agus Harimurthi Yodhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN.

Presiden Lantik Hadi Tjahjanto dan AHY Jadi Menteri

"Demi Allah saya bersumpah, akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Hadi dan AHY di hadapan Presiden Jokowi.  

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan. Bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap keduanya lebih lanjut. 

Pelantikan mereka berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 34/P Tahun 2024. Kepres ini merujuk tentang pengangkatan menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Hadi sebelumnya menjabat sebagai Menteri ATR/Kepala BPN. Sementara, AHY yang merupakan Ketum Partai Demokrat mengisi posisi yang ditinggalkan Hadi. 

Pelantikan dihadiri pejabat-penting, di antaranya para menteri dari Kabinet Indonesia Maju. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas ikut hadir.

Karangan bunga ucapan selamat dan sukses atas pelantikan Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto berjejer di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Presiden RI Joko Widodo telah melantik Hadi sebagai menteri koordinator kolitik, hukum, dan keamanan (Menko Polhukam) di Istana Negara, Rabu pagi.

Dari pantaua, pada Rabu pagi, salah satu karangan bunga ucapan selamat dan sukses datang dari Raja Juli Antoni. Raja adalah wakil menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), yang juga rekan kerja Hadi saat menjabat menteri ATR.

Karangan bunga juga dikirim dari salah satu anggota pertimbangan presiden. Menurut informasi Humas Kemenko Polhukam, agenda serah terima jabatan (sertijab) akan dilaksanakan, pada pukul 13.30 WIB.

Sertijab akan dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Menko Polhukam Tito Karnavian kepada Hadi. Acara tersebut, akan dilaksanakan di Gedung Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jakarta.

Presiden Jokowi dan SBY

Presiden Jokowi juga melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri ATR, menggantikan Hadi. Sementara, Tito Karnavian masih menjabat menteri dalam negeri.(*)