Tinggginya harga beras banyak dikeluhkan oleh masyarakat terutama dilapisan bawah atau pedesan, atas kondisi tersebut Satgas Pangan Kabupaten Karawang bergerak cepat dengan melakukan pengecekan harga dan stock beras di Pasar Induk beras Johar, Karawang (28/2/24).

Dalam kegiatan Sidak tersebut tampak hadir di antaranya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Asep Hazar, Kepala Bulog Karawang Umar Siad, perwakilan dari Polres Karawang KBO Sat Reskrim Iptu Budihardjo, Kapolsek Karawang Kota Kompol Marsono termasuk Kasi Humas Polres Ipda Kusmayadi , serta pihak terkait lainnya.

Kami tadi sudah melakukan pengcekan untuk harga dan stock beras di Pasar Johar, Karawang, ucap dari Kasi Humas Polres Karawang, Ipda Kusmayadi Kepada Pelita Karawang, di Karawang (28/2/24).

Dikatakan Kasi Humas Polres, kegiatan sidak pengecekan stock dan harga beras oleh Satgas Pangan Kabupaten Karawang dalam rangka mengantisipasi melonjaknya harga beras serta minimnya stock beras yang ada di Pasar Johar.

Lebih lanjut dijelaskan Ipda Kusmyadi, dalam mengantisipasi melonjaknya harga beras yang ada di Pasar Johar Karawang Bulog Karawang telah melakukan pendistribusian beras bulog ke setiap toko beras dengan jumlah 6 ton dengan rincian harga untuk medium Rp.10.900-/Kg dan premium pada angka harga Rp.13.900-/Kg.

Sampai dengan saat ini, ditegaskan Ipda Kusmayadi, untuk harga beras mengalami penurunan sebesar Rp.1.000 - Rp.2.000 dan untuk stock di Pasar Johar masih mencukupi bagi masyarakat.

Sebagai bahan informasi untuk di hari yang sama , Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi memantau stok beras di Pasar Johar Karawang dan melihat langsung pasokannya yang mulai berlimpah mendekati kondisi normal.

Menurut Bayu tambahan pasokan dari beras SPHP sebesar 300 ton perhari membuat pasokan beras di Karawang sudah mendekati pasokan normal sebagaimana biasanya.

"Sebelumnya pasokan di Pasar Johar cuma 500 ton perhari, dengan tambahan SPHP 300 ton menjadi 800 ton per hari dan ini sudah mendekati pasokan normal disini yang rata-rata sebesar 1.000 ton perhari," kata Bayu di Pasar Johar Kerawang, Rabu (28/2/2024).

Selanjutnya Sekretaris Paguyuban Pedagang Beras Pasar Johar Karawang Acin mengatakan saat ini kondisi harga beras di pasar tersebut ada penurunan harga sebesar Rp 1.000 sampai Rp 2.000 perkilo.

"Untuk beras lokal Demak harganya sudah turun dari 14.500 perkilo menjadi Rp13.500 perkilo. Sementara untuk beras premium yang tadinya Rp16.000 perkilo sekarang menjadi Rp14.500 perkilo," katanya.

Menurut Acin, dengan adanya tambahan pasokan beras Bulog di Pasar Johar sangat berdampak terhadap penurunan harga beras.

Selain Pasar Induk Beras Cipinang yang merupakan pasar grosir tingkat konsumen, Pasar Johar Karawang merupakan pasar grosir produsen yang juga mempengaruhi kondisi perberasan di Jabodetabek.(*)