Breaking News
---

Bacaan Niat Puasa Ramadan dan Doa Sahur Rasullullah

Menjelang bulan suci Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa. Rukun puasa Ramadan yakni niat dan menahan diri dari hal yang membatalkan puasa.

Foto : Niat Puasa Ramadhan

Puasa Ramadan adalah waktu khusus untuk refleksi, ibadah, dan pembersihan jiwa. Penting untuk mengetahui bacaan niat puasa Ramadan, arti, dan tata caranya.

Pembacaan niat puasa juga bisa dilakukan pada malam hari sebelum terbit fajar atau dilakukan setiap hari di malam Ramadan. Melansir dari situs resmi MUI berikut ini adalah niat puasa ramadan yang bisa dilafalkan berikut dengan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

(Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala)

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala”.

Sementara itu mengutip dari NU Online menurut pendapat Mahzab Maliki kita juga dapat membacakan niat puasa untuk sebulan penuh di malam pertama Ramadan. Berikut ini adalah bacaan niat yang dapat dilafalkan:

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

(Nawaitu shauma jami’i syahri ramadhani hadzihis sanati fardhan lillahi ta’ala)

Artinya: “Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadan tahun ini dengan mengikuti pendapat Imam Malik, wajib karena Allah Ta’ala”.

Salah satu aktivitas yang selalu dilaksanakan ketika bulan Ramadan adalah melaksanakan sahur. Sahur merupakan aktivitas makan atau minum sebelum melakukan kegiatan berpuasa seharian penuh.

Dikutip situs resmi Nahdlatul Ulama (NU), Rasulullah SAW mengatakan bahwa hidangan sahur penuh berkah. Itu sebagaimana yang tertuang dalam hadis riwayat Ahmad berikut ini.

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

Artinya: Dari Abu Sa'id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah sawbersabda, 'Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur'. (HR. Ahmad)

Kemudian dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Hibban, Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk sahur. Meskipun hanya dengan seteguk air.

وعن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم تسحروا ولو بجرعة من ماء رواه ابن حبان في صحيحه

Artinya: Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air'. (HR Ibnu Hibban).

Umat Islam dianjurkan untuk membaca doa saat sahur. Berikut ini adalah doa yang dibaca Rasulullah SAW saat menyantap makanan sahur, seperti dikutip situs resmi NU.

Doa Sahur yang Dibaca Rasulullah:

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Artinya: Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan