Seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024 ini segera di buka kembali untuk formasi Pemkab Karawang. Namun, berbeda dari sebelumnya yang merekrut lebih dari 1.000 formasi, Pemkab Karawang hanya mengusulkan 912 formasi ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) tahun ini. 
Foto : Kabid Pengadaan dan Pemberhentian ASN BKPSDM Karawang Nendi Sopandi


Jumlah itu terdiri dari 618 seleksi formasi PPPK dan CPNS 294 formasi. 

Lalu, apa alasan Pemkab Karawang mengusulkan formasi yang lebih sedikit untuk formasi CPNS dan PPPK tahun ini ? 

Ditemui di ruang kerjanya, Kabid Pengadaan dan Pemberhentian ASN BKPSDM Karawang Nendi Sopandi mengungkapkan bahwa 912 formasi itu baru usulan, karena bisa jadi yang di ACC BKN lebih sedikit. Adapun alasan mengapa yang di usulkan tahun ini terbatas, adalah pertama karena anggaran untuk belanja pegawai PPPK sudah banyak dan jadi kewenangan dan tanggungjawab Pemkab Karawang (APBD), sehingga anggaran belanja pegawai yang mencapai 33 persen APBD menjadi pertimbangan pemkab Karawang.

"Setahun yang golongan VII dan Golongan IX itu gajinya di cover Pusat, lalu setelah itu jadi tanggungjawab Pemkab, sehingga belanja pegawai juga di sesuaikan. Makannya tahun ini, formasi yang di usulkan untuk Seleksi ASN adalah menyesuaikan dengan jumlah ASN PNS yang pensiun di 2024, " Kata Nendi, Kamis (7/3/2024).

Dulu, tambahnya tahun 2009 jumlah PNS Karawang mencapai 15 ribuan, sekarang ini sudah sisa 8.600 an, kemudian anggaran belanja pegawai beralih ke PPPK, dimana sejak 2019 seleksi sampai 2023, jumlah PPPK yang harus di bayarkan gaji pokoknya sudah mencapai 5.193 orang. Oleh karenanya, tambah Nendi, agar tidak menambah belanja pegawai tahunan, maka formasi yang diusulkan menyesuaikan dengan jumlah ASN yang pensiun setiap tahunnya.

"Untuk pengadaan CPNS kabar terakhir sekitar April kemudian PPPK Mei, tapi kita menunggu teknis lanjutannya dari BKN soal persiapan seleksi ini, " Pungkasnya. (Rd).