Pemenuhan gizi harian yang cukup akan menghindarkan kita dari segala macam penyakit yang ada. Tubuh senantiasa tetap fit meski digempur berbagai macam kegiatan. Dijamin semua penyakit akan menargetkan ulang niatnya karena pemenuhan gizi yang cukup akan menambah daya tahan tubuh kita. (30/3/24).

Foto : Mahasiswi UNSIKA yang sedang mengikuti game BERIZI

Di samping itu, pemenuhan gizi serta gaya hidup yang sehat dari implementasi masyarakat, akan membantu pemerintah dalam mencapai target sustianable development goals (SDGs) number 3, yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan. 

Menurut hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, Indonesia mengalami penurunan angka stunting dari tahun 2021 sampai dengan tahun 2022 sebanyak 2,8%.


Hal ini sesuai dengan target pemerintah yang mencanangkan penurunan angka stunting sebanyak 2,7%. Sehingga dengan demikian target penurunan angka stunting sebanyak 14% di tahun 2024, diharapkan dapat tercapai. 


Untuk membantu pemerintah dalam mencapai target di tahun 2024, tentu saja peran dari seluruh segmentasi masyarakat sangat diperlukan, khususnya peran ibu-ibu rumah tangga yang selalu mengawasi asupan makanan keluarga.


Oleh karena itu, perlu banyak cara yang harus dilakukan agar informasi serta pengetahuan akan gizi seimbang dapat tersampaikan dengan sempurna oleh seluruh masyarakat tersebut. 


Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian edukasi berupa sosialisasi dan kampanye berkelanjutan. BERIZI merupakan salah satu kegiatan kampanye berkelanjutan, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran di bidang pemenuhan gizi harian.


Melalui implementasi ilmu event and campaign management di semester 5 ini. Mahasiswa Hubungan Masyarakat President University dalam proyek Commstride 2024 membuat gagasan baru kampanye berkelanjutan, tentang pemenuhan gizi harian dengan mengaplikasikan teknik permainan yang seru untuk para target peserta yang dinamakan BERIZI. 


BERIZI atau Beri Gizi merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan dalam agenda PERMATA: Program Edukasi Kesehatan Mama Serta Anak, yang merupakan hasil proyek Commstride 2024. Demi dicanangkannya target penurunan stunting di tahun 2024, PERMATA hadir dengan menggandeng NGO @kiddoandfriends_, berhasil menjalankan kegiatan BERIZI di empat institusi pendidikan yang berlokasi di Cikarang dan Karawang selama dua minggu, dengan menargetkan peserta mahasiswa serta orang tua dari siswa Paud. Empat lokasi tersebut diantaranya, Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) (19/03), Paud Miftahussa’adah (27/03), President University (25/03), dan Paud & SDS Ekklesia (20/03, 22/03). 


Melalui kegiatan BERIZI yang sudah terlaksana ini, diharapkan agar para anak muda yang tentunya nanti akan menjadi seorang ibu atau yang segera membangun rumah tangga, itu mulai mengetahui pentingnya mempersiapkan kesehatan yang ideal sebelum kita memiliki anak. Yang dimana hal tersebut dapat dilihat dari segi kesehatan tubuh melalui memperhatikan asupan gizi keseharian serta makanan yang dikonsumsi. 


“Melalui makanan yang kita konsumsi akan mengimplementasikan siapa diri kita. Apakah seseorang yang perhatian atau malah seseorang yang tidak peduli dengan kesehatan?” kalimat penutup dari Syalaisha Nauraniah selaku ketua pelaksana dari kegiatan BERIZI. 

Penulis: 

Ni Kadek Ayu Krisna Yanti 

Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University