Sebanyak 10 unit posko mudik lebaran bakal dibangun di sejumlah titik keramaian di Kota Bekasi. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Zeno Bachtiar.

Personel Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat disiagakan untuk pengamanan arus mudik Lebaran

Titik tersebut antara lain, Harapan Indah, Kota Bintang, Bekasi Kota, Pondokgede, Jor Jatiwarna, Komsen Jatiasih. Mall Ciputra, Stasiun Kereta Api, Ramayana Bekasi Timur, Perumahan Jamrud, GGP Mall dan Mega Bekasi. 

Menurutnya, posko tersebut mulai beroperasi tanggal 4 April hingga 18 April 2024. Setiap posko akan diisi oleh personil gabungan baik dari Dishub, Satpol PP, TNI dan Polri. 

"Kita rencananya akan ada 10 unit posko yang tersebar di pusat-pusat keramaian. Adapun posko utama kita di Mega Bekasi," kata dia, Selasa (26/3/2024).

Sepanjang mudik berlangsung Dishub menyiagakan seluruh personilnya sebanyak 650 personil. Mereka akan bertugas secara bergantian  di titik posko yang sudah ditentukan.

"Seluruh personiel kita terjunkan selama mudik berlangsung. Tentunya akan bekerja secara bergantian yang sudah kita atur secara benar," kata dia.

Dishub juga menerjunkan perwira piket untuk bertugas di masing-masing posko. Perwira piket tersebut merupakan pegawai eselon IV atau setara Kepala Seksi di Dishub Kota Bekasi.

"Selama mudik saya  akan hadir secara fisik. Kehadiran saya untuk memastikan seluruh rencana yang telah ditetapkan berjalan sesuai perencanan," ujarnya mengakhiri pembicaraan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Jawa Barat akan menerjunkan 650 personel selama masa mudik Lebaran 2024. Jumlah tersebut sudah termasuk personel tambahan.

Kepala Dishub Kota Bekasi Zeno Bachtiar menyebut personelnya akan bertugas secara bergantian. Pergantian dilakukan sesuai dengan jadwal atau pembagian yang telah diatur.

Personel Dishub sendiri akan bertugas mengatur lalu lintas mudik agar berjalan lancar dan nyaman. Mereka akan disebar di seluruh lokasi Posko Mudik Lebaran.

"Kita akan terjunkan seluruh personil kita sebanyak 650 personil. Mereka akan tugas secara bergantian sesuai lokasi posko," ujarnya. 

Posko Mudik Lebaran akan dibangun di sejumlah pusat keramaian. Totalnya kurang lebih mencapai 10 unit posko.

Titik lokasi posko mudik antara lain Harapan Indah, Kota Bintang, Bekasi Kota, Pondokgede, Jor Jatiwarna, dan Komsen Jatiasih. Pun Mall Ciputra, Stasiun Kereta Api, Ramayana Bekasi Timur, Perumahan Jamrud, GGP Mall dan Mega Bekasi Hyper Mall. 

Posko diperkirakan mulai beroperasi dari tanggal 4 April hingga 18 April 2024. Posko akan diisi oleh personel gabungan, baik dari Dishub, Satpol PP, TNI, dan Polri. 

Dishub juga menerjunkan perwira piket untuk bertugas di masing-masing posko. Perwira piket tersebut merupakan pegawai Eselon IV atau setara Kepala Seksi di Dishub Kota Bekasi.

"Di setiap posko akan ada perwira piket mereka bertangungjawab terhadap posko masing-masing. Selama mudik secara fisik saya juga akan hadir bersama personel kami," ucapnya.