Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) bangun galangan kapal di Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. Galangan ini difungsikan untuk memperbaiki perahu nelayan yang melaut di sekitar lokasi. 

Agar bisa digunakan dengan efektif oleh masyarakat, PHE ONWJ menyerahkan operasional galangan kapal ini ke Kelompok Kerja Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (KKPMP) Desa Tambaksari. 
Diketahui, Sejak beroperasi, galangan kapal ini bisa melayani perbaikan 15 perahu nelayan dalam satu bulan.

Ketua KKPMP Desa Tambaksari, Subandi menuturkan, galangan kapal ini bukan yang pertama beroperasi. Namun menurutnya, di tempat lain, nelayan mesti merogoh kocek dalam untuk menggunakan galangan.
“Kalau di tempat lain, ada sistem sewa, sekitar Rp300 ribuan per perbaikan. Nelayan, boleh menggunakan galangan untuk memperbaiki perahu, namun harus bayar sewa lahan galangan,” katanya.

Foto : Galangan Kapal PHE OnWJ bantu ratusan nelayan di Desa Tambaksari Kecamatan Tirtajaya

Subandi menyebut, di Desa Tambaksari dan sekitarnya ada sekitar 417 nelayan pergi melaut, dimana totalnya ada 117 perahu kecil yang beroperasi di sekitar wilayah perairan Desa Tambaksari. Mayoritas para nelayan ini sebutnya, mencari rajungan dan udang. Karenanya, atas bantuan ini, nelayan merasa terbantu dengan adanya galangan kapal yang dibuat PHE ONWJ, sebab mereka dapat menghemat biaya perbaikan.

“Saya mewakili nelayan mengucapkan terima kasih untuk Pertamina PHE ONWJ karena terus peduli dengan nelayan,” kata Subandi.

Sementara itu terpisah, Head of Communication, Relations & CID PHE ONWJ, R. Ery Ridwan menuturkan perusahaan berkomitmen untuk terus mendukung nelayan di Desa Tambaksari dan sekitarnya. Pembangunan galangan kapal ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat pesisir. Pihaknya berharap, galangan kapal ini dapat meningkatkan taraf hidup nelayan dan membantu dalam meningkatkan hasil tangkapan. 
“Saat ini, inisiatif kami tidak hanya berfokus pada kegiatan produksi minyak dan gas, tetapi juga pada upaya-upaya nyata untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama para nelayan yang merupakan bagian penting dari komitmen kami,” katanya. (Rd/rls)